Sukses

Tragis, Pesepeda Tewas Diserang Burung Magpie Khas Australia

Liputan6.com, Sydney - Seorang pengendara sepeda meninggal di Australia pada Minggu 15 September 2019, gara-gara serangan burung Magpie. Ia dikejutkan oleh unggas asli Australia yang menjadi agresif pada musim semi sekitar musim kawin.

Laporan CNN yang dikutip Selasa (17/9/2019) menyebut pria 76 tahun itu sedang mengendarai sepedanya di Nicholson Park di Wollongong, selatan Sydney, ketika ia berbelok dari jalan setapak untuk menghindari Magpie yang menukik, menurut Polisi Wollongong.

"Dia kemudian menabrak tiang pagar, terlempar ke tanah, dan mengalami cedera kepala serius. Pria itu diterbangkan ke Rumah Sakit St George di Sydney dan meninggal malam itu," kata polisi.

Swooping season atau dikenal sebagai musim menukik di mana kerap terjadi serangan Magpie, setiap tahunnya terjadi di seluruh negeri pada bulan September dan Oktober, selama musim semi Australia. Tahun ini, musim tersebut dimulai lebih awal setelah musim dingin yang hangat, menurut afiliasi CNN Seven News.

Burung-burung Magpie mulai berkembang biak pada bulan Agustus dan sering kali berjaga untuk melindungi anak-anak mereka dari ancaman yang dirasakan.

Pengunjung ke Australia mungkin melihat orang-orang berjalan-jalan membawa tongkat besar, atau pengendara sepeda mengenakan helm dengan selusin kabel plastik di atasya untuk menghalau burung.

2 dari 3 halaman

1.570 Serangan Magpie

Meski besarnya hanya tak lebih dari 30 cm, burung Magpie dapat menyebabkan sedikit kerusakan dengan paruh tajam dan serangan mendadak. Tahun lalu, seorang bocah di Perth terhindar dari kebutaan akibat serangan menukik yang menyerang wajahnya ketika ia duduk di kereta dorong bayi.

Pada tahun ini, ada 1.570 serangan Magpie di seluruh negeri. Mengakibatkan 189 orang cedera, menurut situs web Magpie Alert yang dikelola masyarakat.

Jumlahnya kemungkinan akan naik - musim lalu, ada lebih dari 3.000 kejadian yang dilaporkan.

Jumlah serangan yang dilaporkan paling banyak sepanjang tahun ini adalah di sepanjang pantai timur Australia, di Queensland, New South Wales, dan Victoria.

3 dari 3 halaman

Burung Asli Australia yang Jadi Ancaman Nyata

Magpie adalah spesies asli yang dilindungi di Australia dan ilegal membunuh mereka atau mengambil telur atau anak mereka.

Dewan lokal akan bertindak jika seseorang dilaporkan sebagai ancaman nyata. Penduduk diharuskan untuk menjauh dari pohon tempat mereka berkembang biak.

Magpie Alert memperingatkan bahwa cedera cenderung terjadi ketika pengendara sepeda jatuh dari sepeda mereka selama serangan, seperti pria di Wollongong.

Dari semua serangan yang dilaporkan di situs, hampir 70% terjadi saat orang bersepeda, 22% terjadi ketika orang melintas.

Agar tetap aman selama musim swooping, pengendara sepeda disarankan turun dari sepeda selama serangan, dan untuk tetap tenang alih-alih memukul - yang mungkin dianggap sebagai perilaku agresif dan memancing burung bertindak lebih jauh.

Loading
Artikel Selanjutnya
Menlu Australia Harapkan Perdamaian di Semenanjung Korea
Artikel Selanjutnya
Pantai-Pantai Cantik Sydney Berubah Jadi Hitam Akibat Kebakaran Hutan