Sukses

Pantun Dubes Zainal Membuka Perayaan HUT Malaysia ke-62

Liputan6.com, Jakarta - 31 Agustus lalu, Negeri Jiran merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-62. Kedubes Malaysia di Indonesia juga ikut merayakannya pada Rabu 11 September 2019. Pada kesempatan itu, Duta Besar Malaysia di Indonesia Zainal Abidin Bakar, menyampaikan pidato bersama dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggi dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo.

Perayaan ini dilaksanakan di gedung Kedutaan Besar malaysia di Jakarta, tepatnya di Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan. Mereka memulai acaranya pukul 19.00 WIB dengan kumandang lagu kebangsaan kedua negara, dilanjutkan dengan rangkaian sambutan dari Dubes Zainal dan Menteri Eko.

Dubes Zainal adalah yang pertama memberikan pidatonya sebagai pembuka acara, ia tampil menarik berbalut pakaian khas Negeri Malaysia.

Sebelumnya, kabar duka sempat memayungi atmosfer acara, yaitu berita bahwa Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie menutup usianya pada pukul 18.05 WIB. Dubes Zainal memimpin pidato ucapan bela sungkawa serta memanjatkan doa dengan membaca Al-Fatihah.

"Sebelumnya, untuk beragama Islam, mari kita sedekahkan Alfatihah untuk almarhum Bapak BJ Habibie yang baru saja meninggalkan kita. Dan kepada yang beragama lain marilah doakan kesejahteraan yang bersangkutan," ujar Dubes Zainal memimpin doa untuk mantan presiden ke-3 RI tersebut.

Usai memanjatkan doa, Dubes Zainal memberikan pantun menarik untuk banar-benar membuka rangkaian acara perayaan hari nasional Malaysia.

"Duduk beralas di pinggir bendang, bercanda bersama teman dan taulani. Ikhlas ucapan selamat datang, kecil tapak tangan nihu ditadakan," hibur Dubes Zainal.

Selanjutnya, Dubes Zainal dalam pidatonya menyampaikan harapan untuk Indonesia dan Malaysia agar terus menjadi sahabat secara bilateral dan memiliki hubungan diplomatik yang semakin membaik. Karena Indonesia dan Malaysia sama-sama memiliki tujuan untuk bisa menjadi negara maju.

2 dari 2 halaman

Harapan Menteri Eko Putro Sandjojo

Setelah Dubes Zainal memberikan pidato, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggi dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo, mewakili Republik Indonesia untuk mengucapkan selamat kepada Malaysia atas HUT Kemerdekaan mereka yang ke-62.

"Semoga saudara dan saudari Malaysia kita menikmati perdamaian, harmoni, dan kemakmuran. Dan semoga kedekatan Indonesia dan Malaysia semakin membaik," ujar Menteri Eko.

Menteri Eko mengatakan bahwa Malaysia adalah partner terkuat Indonesia dalam perdangan dan salah satu investor luar negeri terbaik Indonesia. Sehingga, ia berharap untuk kedua negara ini bisa membangun kooperasi yang lebih baik lagi ke depannya.

 

 

Reporter: Windy Febriana

Loading
Artikel Selanjutnya
Indonesia Minta OKI Dorong Isu Israel Caplok Tepi Barat Palestina ke DK PBB
Artikel Selanjutnya
Uni Eropa: Privasi Data Bikin Bisnis Makin Unggul