Sukses

Bersihkan Kuping Pakai Cotton Bud Tiap Hari, Perempuan Ini Tuli

Liputan6.com, Jakarta - Banyak masyarakat yang terbiasa membersihkan telinga kotor menggunakan pentul kapas atau biasa disebut sebagai cotton bud. Tentu, menjaga kebersihan tubuh, termasuk telinga; adalah salah satu hal yang harus dilakukan.

Namun apa jadinya jika niat membersihkan telinga itu berakhir nahas. Salah satunya adalah yang menimpa Jasmine, wanita 37 tahun di Australia yang menjadi tuli karena terbiasa membersihkan kupingnya dengan cotton bud setiap malam.

Kebiasaan Jasmine itu telah menyebabkan infeksi, menurut Live Science dilansir pada Sabtu (17/8/2019).

Suatu hari ia mengalami kesulitan mendengar dari telinga kirinya, dan akhirnya memutuskan pergi ke dokter. Ia awalnya diberitahu, dirinya memiliki infeksi di telinga. Sang dokter pun memberikan antibiotik.

Obat telah diminum, namun masalah pendengarannya tidak kunjung sembuh. Ia kemudian melihat darah muncul di kapas cotton bud setelah ia membersihkan telinganya.

Tes pendengaran menunjukkan, ia tuli sebelah. Jasmine pun segera dirujuk ke spesialis THT.

 

2 dari 4 halaman

Infeksi Bakteri

Setelah diperiksa, hasil CT Scan menunjukkan kondisi yang mengerikan: Jasmine memiliki infeksi bakteri yang "menggerogoti" tulang tengkoraknya -- persis di belakang telinganya.

"Anda seharusnya datang menemui saya empat atau lima tahun yang lalu," kata spesialis itu kepada Jasmine. "Anda perlu operasi."

Operasi Lima Jam

Jasmine akhirnya menjalani operasi selama lima jam untuk mengangkat jaringan yang terinfeksi di telinganya. Dokter lalu menangani saluran telinganya. Para ahli bedah memberi tahu, serat kapas awalnya bersarang di telinganya. Hal itu terus terjadi bahkan setelah kupingnya terinfeksi.

"Kapas telah mengumpul (di sana) dan bernanah selama lima tahun," kata Jasmine.

Operasi Jasmine mampu mengobati infeksi, tetapi perempuan itu menderita gangguan pendengaran permanen.

"Saya sekarang mencoba memperingatkan semua orang tentang bahaya dari cotton buds," katanya. "Telinga kita adalah bagian tubuh kita yang sensitif dan perlu dirawat dengan hati-hati."

3 dari 4 halaman

Amankah Cotton Bud untuk Membersihkan Telinga?

Live Science mengatakan, persepsi bahwa cotton bud aman untuk membersihkan telinga ternyata tidak sepenuhnya benar.

Akademi Otolaringologi Amerika - Bedah Kepala dan Leher (AAO-HNSF) mengatakan secara umum, "Anda harus menghindari memasukkan barang-barang ke telinga Anda," termasuk cotton bud.

Menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga sebenarnya bisa menjadi kontraproduktif dan mendorong kotoran telinga terdorong kembali ke dalam. Terlebih lagi, cotton bud atau alat lain dapat menyebabkan iritasi atau bahkan cedera pada telinga, seperti gendang telinga yang tertusuk menurut AAO-HNSF.

Pada bulan Maret tahun ini, dokter di Inggris melaporkan kasus seorang pria yang juga mengalami infeksi pada tengkoraknya setelah ujung kapas tersangkut di saluran telinganya.

 

4 dari 4 halaman

Simak pula video pilihan berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bukan untuk Bersihkan Telinga, Ini 6 Kegunaan Sebenarnya Korek Kuping
Artikel Selanjutnya
Rajin Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud, Jasmine Malah Nyaris Mati