Sukses

Asap Penuhi Kabin, Penumpang British Airways Dievakuasi di Bandara Valencia

Liputan6.com, Jakarta - Kepulan asap memenuhi kabin pesawat British Airways saat mengudara. Seluruh penumpang langsung dievakuasi ketika pesawat mendarat di Bandara Valencia, Spanyol pada Senin 5 Agustus.

Seperti dilansir CNA, Salah satu penumpang, Gayle Fitzpatrick mengunggah video insiden itu di Twitter dan mengatakan, "Kabin kami penuh dengan asap dalam 10 menit terakhir penerbangan, harus turun melalui parasut darurat."

Penumpang lain, Rachel Jupp, mengatakan kepada BBC News bahwa tidak ada pengumuman resmi tentang apa yang terjadi ketika asap memenuhi kabin. "Anda tidak bisa melihat penumpang dua kursi di hadapan Anda," katanya.

Jupp, yang bepergian dengan anak-anaknya mengaku mendengar panggilan untuk turun sehingga mereka dapat menghirup udara yang lebih bersih di dekat lantai ketika pesawat Airbus A321 yang dioperasikan British Airways itu mulai mendarat.

2 dari 3 halaman

Seperti Film Horor

Awak kabin butuh beberapa menit setelah mendarat untuk membuka pintu darurat. Penumpang kemudian menuruni seluncuran darurat dan diminta pergi sejauh mungkin dari pesawat.

"Tidak ada komunikasi dari para kru, beberapa di antaranya mulai memakai masker oksigen penuh dan pelindung api," ungkap Fitzpatrick, yang bepergian dengan suaminya.

"Orang-orang menangis dan terengah-engah. Itu benar-benar menakutkan. "

Penumpang Lucy Brown dalam akun twitternya menyatakan pengalaman penerbangan itu "terasa seperti film horor".

Maskapai ini mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan bahwa penerbangan BA422, yang bepergian dari Bandara Heathrow London ke Valencia, "telah terlibat dalam suatu insiden".

"Semua penumpang dan kru telah turun. Tim British Airways membantu penumpang yang berada di terminal bandara," kata operator.

Pihak berwenang belum menjelaskan mengapa kabin dipenuhi dengan asap dalam 10 menit terakhir penerbangan.

Ada 175 penumpang di pesawat itu, dengan enam awak kabin dan dua pilot, kata British Airways. Tiga penumpang dibawa ke rumah sakit sebagai tindakan pencegahan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: