Sukses

Selain Pocong, 'Portal Dimensi Lain' Jadi Gambar Horor yang Terekam Google Maps

Berikut ini sejumlah penampakan horor yang pernah tertangkap citra Google Maps, setelah sebelumnya viral soal penampakan pocong.

Liputan6.com, Jakarta - Di zaman modern ini, aplikasi Google Maps kian naik daun. Banyak orang sangat mengandalkannya jadi acuan petunjuk arah.

Pergi ke mana pun kini tak perlu khawatir tersesat. Selama sinyal internet ada dan Google Maps tersambung, maka selalu ada jalan menuju suatu tempat.

Di balik keandalannya mencari arah, belakangan muncul penampakan aneh yang tak pernah diduga sebelumnya. Seperti sebentuk bibir di lokasi tandus di Sudan, berlian besar dari atas langit di New Mexico, hingga segitiga asing di Australia. 

Nah, belakangan ini publik khususnya khalayak Indonesia tengah digegerkan dengan kemunculan sosok pocong bermata merah yang konon terpantau di Google Maps. Sosok itu didapati dari desa bernama Kedungwaru Kidul, kecamatan Karanganyar, Demak, Jawa Tengah.

Selain kemunculan pocong di Google Maps, berikut ini sejumlah penampakan horor di aplikasi tersebut yang Liputan6.com kutip dari beragam sumber, Kamis (1/8/2019):

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pocong di Google Maps Kedungwaru Kidul

Desa yang terletak di kecamatan Karanganyar, Demak, Jawa Tengah, tengah jadi buah bibir lantaran penampakan pocong di sebuah foto yang diunggah ke aplikasi Google Maps.

Dalam foto yang beredar luas di media sosial, tampak wujud pocong bermata merah yang tengah berdiri di pinggir jalan. Sekilas, penampakan pocong tak akan terlihat jika foto tidak diperbesar.

Pasalnya, foto yang diunggah di Google Maps itu terlihat layaknya foto Google Street View yang ditujukan sebagai petunjuk lokasi. Namun setelah foto diperbesar, pocong bermata merah pun semakin jelas terlihat meski dengan mata telanjang.

Sontak foto penampakan tersebut menghebohkan media sosial lantaran wujudnya yang menyeramkan.

 

 

3 dari 5 halaman

2. 'Portal Dimensi Lain'

Menjelang Halloween 2018 lalu, layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google ini tiba-tiba meyuguhkan koleksi tangkapan layar (screenshot) yang menyeramkan.

Gambar-gambar tersebut diambil oleh para pengguna yang memanfaatkan fitur Google Maps Street View dan citra satelit. Bahkan, mereka mengaku telah melihat pesawat hantu dan 'dimensi lain' melalui layanan tersebut.

Ada juga netizen yang mengatakan bahwa foto yang diambilnya merupakan hasil 'persinggungan antara alam nyata dan dunia lain', serta bisa melihat penampakan aktivitas supranatural.

Benarkah demikian?

Google Communications Manager, Liz Davidoff, meluruskan kabar miring tersebut. Menurut analisanya, semua screenshot itu merupakan kesalahpahaman semata.

Liz kemudian menjelaskan satu per satu koleksi screenshot terkait, dimulai dengan foto yang diklaim sebagai penampakan 'portal dimensi lain'.

Rupa foto ini berwarna-warni, dengan dominan warna adalah ungu. Pengambil foto tersebut seolah-seolah sedang menyetir mobil di Manhattan Bridge, New York.

Kenyataannya adalah keanehan itu disebabkan oleh masalah pencahayaan.

"Warna dan grain (bintik-bintik hasil sensitivitas emulsi film (negatif) yang membentuk sebuah imaji utuh setelah melewati proses kimia) dari gambar ini disebabkan oleh pencahayaan yang rendah," kata Liz, seperti dikutip dari Cnet.com, Sabtu 27 Oktober 2018.

 

4 dari 5 halaman

3. Pesawat Hantu?

Gambar lain yang menghebohkan jagat maya adalah penangkapan citra satelit yang menampakkan pesawat hantu. Diduga dulu pernah ada burung besi yang jatuh dan tenggelam ke dasar Danau Harriet di Minnesota.

Sekali lagi, Google Communications Manager, Liz Davidoff, menegaskan bahwa itu hanya isapan jempol semata.

Gambar yang dikira pesawat hantu itu hanya sebuah artefak dari sebuah pesawat asli yang sedang mengudara, saat satelit menangkap pemandangan tersebut.

 

5 dari 5 halaman

3. Darth Vader Buang Sampah

Liz menambahkan, dirinya juga pernah menerima foto yang mulanya diduga sebagai penampakan hantu manusia tua. Kasus ini terjadi di Singapore Art Museum, di mana lengan dan kaki seseorang tampak terpotong dari tubuhnya.

Ada juga tokoh ternama di film Star Wars, Darth Vader, yang membuang sampah di Selandia Baru dan tertangkap dalam Google Maps Street View.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.