Sukses

Gravitasi hingga Tangan Kidal, Ini 4 Hal yang Belum Terpecahkan

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak hal yang masih menjadi misteri dan sulit untuk dipecahkan. Bahkan, para peneliti masih berkutat untuk mencari tahu alasan mengapa sebuah peristiwa bisa terjadi.

Jika dari mana asalnya air bersih dan siklus terciptanya air telah terpecahkan, maka beda dari sejumlah hal ini.

Para peneliti masih mencari tahu dan menaruh konsentrasi yang cukup besar pada hal-hal yang belum terpecahkan.

Seperti dikutip dari laman TopTenz.com, Senin (22/7/2019) berikut 4 hal yang belum terpecahkan penyebabnya oleh para peneliti:

2 dari 6 halaman

1. Bagaimana Cara Kerja Gravitasi?

Gravitasi, seperti yang kita pelajari sewaktu duduk di bangku sekolah tampak mudah. Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara kerja gravitasi?

Gravitasi membuat Anda tetap berdiri di atas tanah. Itu juga yang membuat planet-planet mengorbit di sekitar matahari.

Ini semua sangat sederhana, tapi bagaimana bentuk atau cara kerja gravitasi itu sendiri? Peneliti belum dapat memastikan bagaimana bentuk gravitasi yang tidak bisa dilihat olegh mata.

Pada dasarnya, gravitasi adalah salah satu dari empat kekuatan di alam semesta kita, yang juga termasuk elektromagnetisme, nuklir kuat, dan nuklir lemah. Gravitasi adalah yang terlemah dari keempat itu.

 

3 dari 6 halaman

2. Mengapa Kebanyakan Orang tidak Kidal?

Kidal, atau kemampuan seseorang dalam mengandalkan tangan kiri kerap kita temui dalam sehari-hari, meskipun itu tidak banyak.

Yang menjadi pertanyaan, mengapa jumlah orang kidal lebih sedikit dibanding mereka yang mengandalkan tangan kanan?

Dari laporan peneliti, hanya 10 persen dari populasi dunia yang kidal.

Apakah ini mutasi genetik?

Apakah ini turun temurun?

Sains memang condong ke genetika. Mereka yang kidal biasanya karena keturunan. Tetapi yang jadi misteri, mengapa jumlahnya sedikit.

 

4 dari 6 halaman

3. Mengapa Anestesi Bisa Bekerja?

Pemberian anestesi pada pasien yang kerap diberikan oleh dokter sangat membantu dalam dunia medis.

Penggunaan Anestesi sendiri telah ada sejak pertengahan tahun 1800-an. Tidak hanya untuk pasien, tetapi juga bagi dokter yang harus berurusan dengan korban amputasi.

Anestesi jadi hal yang sangat misterius. Meski berasal dari bahan kimia, peneliti belum bisa memastikan bagaimana cara obat ini bisa bekerja.

 

5 dari 6 halaman

4. Mengapa Ada Dengungan Misterius di New Mexico?

New Mexico, sebuah negara bagian di Amerika Serikat yang memiliki sejarah aneh. Kerap kali di wilayah tersebut dijadikan lokasi uji coba bom nuklir.

Setelah aktivitas itu berhenti, masyarakat kota memiliki cerita tersendiri. Mereka kerap mendengar suara dentuman dan dengungan aneh yang mereka sebut sebagai "Taos Hum".

Sejak awal 1990-an, orang-orang di kota itu menggambarkan adanya audio yang nyata. Beberapa menyebutnya sebagai suara desing, atau dengungan, atau dengungan di udara.

Seorang profesor teknik di University of New Mexico mempelajari suara-suara di sekitar Taos, dan memperhatikan bahwa sekitar 2 persen dari populasi rentan terhadap dengungan aneh.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sri Mulyani Gelontorkan Rp 35,7 Triliun untuk Riset di 2019