Sukses

5 Bahaya yang Mengancam Apabila Anda Makan Terlalu Kenyang

Liputan6.com, Jakarta Makanan adalah kebutuhan penting bagi manusia. Dengan mengonsumsi makanan, pasokan energi kita bisa terpenuhi untuk menjalani aktivitas.

Banyak ahli juga menyarankan agar kita tidak hanya makan guna mengisi perut saja, tetapi mereka menyarankan agar kita mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna.

Namun, makan terlalu kenyang juga berdampak buruk. Ada sejumlah masalah yang bisa Anda hadapi dan tak baik bagi kesehatan.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Jumat (28/6/2019) berikut 5 bahaya yang mengancam jika Anda makan terlalu kenyang:

2 dari 6 halaman

1. Perut Anda Bermasalah

Makanan yang Anda makan harus memberi energi dan akan keluar dari tubuh sebagai kotoran. Seluruh proses ini disebut pencernaan. Jadi saat Anda makan berlebihan, tubuh mengalami overdrive. Ini dapat menyebabkan buang air besar yang sering dan bahkan diare.

Selain itu, apa yang Anda makan dapat memiliki efek. Makan perlahan dan mengunyah dengan baik adalah kunci untuk menghindari situasi seperti ini.

Jika Anda memang menghadapi masalah ini, jangan lupa untuk menghidrasi tubuh Anda dengan banyak air selama proses tersebut. Air kelapa bisa menjadi ramuan dalam kasus-kasus seperti ini.

3 dari 6 halaman

2. Tubuh Akan Terasa Panas

Jika Anda makan lebih dari apa yang biasanya Anda lakukan, metabolisme tubuh akan berubah. Detak jantung Anda akan naik dan Anda akan mulai berkeringat seakan-akan berada di dalam sauna.

Sayangnya, tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan metabolisme yang berlebihan ini. Setelah metabolisme selesai bekerja, semuanya akan kembali normal.

Namun, untuk merasa sedikit lebih baik di saat seperti itu, Anda bisa mandi air dingin.

4 dari 6 halaman

3. Banyak Gas Tersimpan di Tubuh

Saat Anda makan banyak makanan, Anda menelan udara bersaman. Dan ketika Anda menelan lebih banyak makanan, Anda menelan lebih banyak udara.

Udara ini dapat meningkat jika Anda minum minuman berkarbonasi saat makan. Tubuh juga menghasilkan gas ketika makanan dicerna. Tak heran jika akan banyak gas yang dikeluarkan dari dalam tubuh.

5 dari 6 halaman

4. Merasa Gelisah

Ada kepercayaan umum bahwa makan berlebihan bisa membuat Anda mengantuk, tetapi kenyataannya adalah jika Anda makan berlebihan, itu bisa membuat Anda merasa gelisah dan tidak bisa tidur.

Makanan yang tinggi karbohidrat (seperti pasta atau pai), juga mengandung kadar gula yang besar. Oleh karenanya rasa gelisah akan terus muncul.

6 dari 6 halaman

5. Pusing

Selain merasa gelisah dan sulit tidur, pusing adalah sesuatu yang juga dapat terjadi jika Anda makan terlalu banyak -- apalagi sampai kekenyangan.

Salah satu cara agar makan tidak terlalu banyak, Anda bisa mensiasatinya dengan banyak minum air. Dengan minum air, maka sebagian daya tampung Anda sudah dipenuhi oleh air.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: 8 Makanan yang Warteg Banget
Artikel Selanjutnya
Konsumsi Kalori di Pagi Hari, Jantung Wanita Jadi Lebih Sehat