Sukses

Polisi Australia Geledah Jurnalis dan Kantor Penyiaran Publik, Menyensor Pers?

Serikat jurnalis terkemuka mengatakan kedua serangan itu mewakili pola serangan kekerasan terhadap kebebasan pers Australia.

Liputan6.com, Canberra - Kepolisian Federal Australia (AFP) telah melakukan penggeledahan terhadap markas Australian Broadcasting Corp (ABC) di Sydney, pada hari kedua pencarian yang menargetkan para jurnalis sejak Selasa 4 Juni dan Rabu 5 Juni 2019.

Petugas tiba di kantor penyiar publik itu dengan surat perintah penggeledahan terhadap dua jurnalis dan direktur berita. ABC telah memprotes hal itu.

Tindakan polisi terkait dengan artikel tentang dugaan pelanggaran oleh pasukan Australia dalam perang di Afghanistan.

Pada hari Selasa polisi menggeledah rumah seorang wartawan News Corp, Annika Smethurst yang merupakan awal dari rangkaian peristiwa tersebut, demikian seperti dikutip dari BBC, Kamis (6/6/2019).

Serikat jurnalis terkemuka mengatakan kedua peristiwa itu mewakili "pola serangan kekerasan terhadap kebebasan pers Australia" yang mengganggu. Serikat pekerja dan kelompok hak asasi manusia lainnya juga mengutuk tindakan tersebut.

Menurut ABC, penggeledahan pada Rabu 7 Juni adalah tentang seri investigasi 2017 yang dikenal sebagai The Afghan Files yang "mengungkapkan tuduhan pembunuhan dan pelanggaran hukum oleh pasukan khusus Australia di Afghanistan."

Seri itu dikatakan "berbasis pada ratusan halaman dokumen pertahanan rahasia yang bocor ke ABC".

Polisi Federal Australia mengatakan surat perintah penggeledahan itu berkaitan dengan "tuduhan penerbitan materi rahasia" dan bahwa "berkaitan dengan rujukan yang diterima pada 11 Juli 2017 dari Kepala Angkatan Bersenjata dan Penjabat Menteri Pertahanan".

'The Afghan Files' diterbitkan oleh ABC pada 10 Juli 2017.

Polisi mengatakan penggerebekan hari Selasa dan Rabu tidak terhubung , menambahkan: "Namun keduanya berkaitan dengan tuduhan terpisah menerbitkan materi rahasia, bertentangan dengan ketentuan Undang-Undang Kejahatan 1914, yang merupakan masalah yang sangat serius yang berpotensi merusak keamanan nasional Australia."

Kepolisian Australia membela tindakannya, mengatakan mereka "independen dan tidak memihak setiap saat".

Wartawan ABC John Lyons telah mencuit langsung via Twitter tentang penggeledahan polisi yang tiba pada hari Rabu pagi. Dia sebelumnya mengatakan bahwa polisi sedang memeriksa 9.214 dokumen yang ditemukan di sistem ABC satu-per-satu, termasuk "ribuan email internal ABC".

Kemudian pada malam hari pukul 19:40 waktu setempat (09:40 GMT) ia berkata: "ABC dan AFP telah menyelesaikan dokumen yang sesuai dengan surat perintah. Ini sekarang sedang disegel dan AFP tidak akan diizinkan, berdasarkan perjanjian, untuk membuka dokumen selama 2 minggu. Memberikan waktu ABC untuk menantang lewat jalur hukum."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan ABC

Dalam sebuah pernyataan, Direktur Pelaksana ABC David Anderson mengatakan penggerebekan polisi "menimbulkan kekhawatiran yang sah atas kebebasan pers".

"ABC berdiri oleh para jurnalisnya, akan melindungi sumber-sumbernya dan terus melaporkan tanpa rasa takut atau mendukung masalah keamanan dan intelijen nasional ketika ada kepentingan publik yang jelas," kata Anderson.

Direktur ABC News, Gaven Morris, membela dua jurnalis yang turut disebut bersama namanya dalam surat perintah penggeledahan.

"Sebagai catatan, @DanielMOakes dan @sclark_melbs adalah dua jurnalis terbaik @abcnews," tweetnya.

"Jujur dan berkomitmen untuk mengatakan yang sebenarnya demi kepentingan publik Australia. Sama seperti @annikasmethurst. Aku bangga dengan pekerjaan sulit yang mereka semua lakukan."

3 dari 3 halaman

Akan Berlanjut?

Pada hari Selasa, polisi menggerebek rumah jurnalis koran Annika Smethurst, yang melaporkan tahun lalu bahwa pemerintah sedang mempertimbangkan rencana rahasia untuk memata-matai warganya.

Majikannya, News Corp Australia, yang menerbitkan beberapa surat kabar yang paling banyak dibaca di negara itu, mengutuk serangan itu sebagai "keterlaluan dan berat tangan".

Polisi mengatakan surat perintah mereka terkait dengan "dugaan penerbitan informasi yang diklasifikasikan sebagai rahasia resmi".

Juga pada hari Selasa, Ben Fordham, penyiar stasiun radio 2GB, mengatakan bahwa pemerintah sedang menyelidiki bagaimana ia memperoleh informasi tentang enam kapal yang membawa pencari suaka baru-baru ini yang mencoba mencapai Australia.

BBC menghubungi kementerian dalam negeri untuk memberikan komentar. Seorang juru bicara tidak akan mengonfirmasi atau menyangkal keberadaan investigasi.

"Peluang saya untuk mengungkapkan sumber saya adalah nol. Tidak hari ini, tidak besok, minggu depan atau bulan depan," kata Fordham.

The Media, Entertainment and Arts Alliance, yang mewakili wartawan, mengatakan: "Polisi yang merampok wartawan telah menjadi normal dan harus dihentikan."

"Ini tidak lain dari serangan terhadap hak publik atas informasi."

Australia memperkenalkan pelanggaran spionase baru tahun lalu yang menurut para pembela hak asasi manusia dapat digunakan untuk menargetkan wartawan dan pelapor (whistleblower)

"Ada perlindungan yang tidak memadai untuk mencegah lembaga penegak hukum menggunakan kekuasaan itu untuk mengekspos sumber-sumber rahasia wartawan," kata Emily Howie, seorang direktur hukum di Human Rights Law Centre.

Kedua serangan itu terjadi beberapa pekan setelah pemerintah yang baru terpilih pimpinan Perdana Menteri Scott Morrison, kembali ke bertugas.

Dia menanggapi serangan hari Selasa di Canberra dengan mengatakan bahwa sementara dia mendukung kebebasan pers, "tidak pernah mengganggu saya bahwa hukum kita sedang ditegakkan."

Partai oposisi, Partai Buruh telah meminta Menteri Dalam Negeri Peter Dutton untuk menjelaskan penggerebekan.

Polisi mengatakan bahwa Dutton "tidak diberitahu tentang eksekusi penggeledahan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini