Sukses

Donald Trump Ucapkan Selamat Idul Fitri kepada Umat Muslim Dunia

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara AS Melania menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri kepada seluruh warga Muslim.

Liputan6.com, London - Di sela-sela lawatan ke London, Inggris, hari Senin (3/6), Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Ibu Negara AS Melania menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri kepada seluruh warga Muslim.

"Saya dan Melania ingin menyampaikan salam hangat pada Idul Fitri ini," demikian petikan pernyataan tertulis yang dirilis Gedung Putih, seperti dilansir VOA Indonesia, Selasa (4/6/2019).

Inggris dan negara-negara di kawasan Eropa serta Amerika dilaporkan merayakan Idul Fitri 2019 pada Selasa 4 Juni, Africa News melaporkan.

Lebih lanjut, Trump mengatakan bahwa "pada akhir bulan suci Ramadan, umat Islam merayakan Hari Idul Fitri lewat serangkaian doa dan refleksi."

"Hari suci ini memberi kesempatan bagi warga Muslim di Amerika dan seluruh dunia untuk memperbarui komitmen guna membantu mereka yang kurang beruntung, memperkuat iman mereka pada Tuhan, ikut beribadah dan bersahabat satu sama lain."

Trump dan Melania yang saat ini sedang berada di Inggris untuk melakukan serangkaian pertemuan dengan keluarga kerajaan dan Perdana Menteri Theresa May, juga menyampaikan harapan agar Idul Fitri "membawa sukacita dan kedamaian bagi semua yang merayakan."

Ditambahkannya, "Kami pun berdoa agar warga masyarakat di seluruh belahan dunia merasakan limpahan berkat kasih sayang, pengampunan dan niat baik Tuhan yang berlimpah."

Simak Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arab Saudi Idul Fitri Hari Ini, Negara Teluk dan Afrika Mengikuti

Arab Saudi telah mengumumkan bahwa Selasa 4 Juni 2019 merupakan 1 Syawal 1440 H atau hari pertama Idul Fitri 2019.

Mahkamah Agung Saudi menetapkan tanggal Idul Fitri 2019 setelah laporan beredar luas bahwa bulan baru telah terlihat di wilayah mereka, demikian seperti dikutip dari Arab News, Selasa (4/6/2019).

Negara-negara Teluk Arab, seperti Uni Emirat, Bahrain, dan lainnya; serta negara-negara Afrika seperti Somalia, Mesir dan yang memiliki sejarah mengikuti Saudi dalam urusan penanggalan hijriah, juga merayakan Idul Fitri 2019 pada hari ini, Gulf News melaporkan.

Pakistan, India, Qatar, Kuwait, Oman, dan lainnya semuanya telah mengumumkan Selasa untuk Idul Fitri seperti halnya sebagian besar negara di Eropa dan Amerika.

Pada kesempatan Idul Fitri 2019, Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengirim kabel ucapan selamat kepada para pemimpin negara-negara Islam di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.