Sukses

Anak Kecil Suap PM Selandia Baru Sebesar Rp 47.000 untuk Riset Naga

Liputan6.com, Wellington - Baru-baru ini Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mendapatkan uang dari gadis kecil berusia 11 tahun yang dikirimkan bersama sepucuk surat. Sang pengirim meminta pemerintah untuk melakukan riset naga.

Gadis kecil itu diketahui bernama Victoria yang bercita-cita menjadi pelatih naga suatu hari nanti.

 

Victoria memasukkan uang NZD 5 (sekitar Rp 47.000) di dalam suratnya, demikian sebagaimana dikutip dari BBC News pada Selasa (14/5/2019).

Ardern membalas surat itu dengan kop resmi bertuliskan Perdana Menteri dan logo Negeri Kiwi. Ia menulis bahwa pemerintahannya tidak sedang melakukan pekerjaan seputar naga.

Sang perdana menteri Selandia Baru juga menambahkan catatan, "Saya akan tetap mengawasi naga-naga itu. Apakah mereka mengenakan jas?" katanya.

Surat-surat itu pertama kali diketahui di forum web Reddit, setelah seorang pengguna yang disinyalir warga Selandia Baru mengklaim adik perempuannya mencoba "menyuap Jacinda Ardern".

 

2 dari 3 halaman

Terinspirasi Tayangan di Netflix

Sang pengguna Reddit menuturkan, adiknya menginginkan pemerintah untuk membuat riset telekinesis dan naga, serta ingin mendapatkan informasi tentang apa yang mereka telah ketahui terkait naga. Apabila pemerintah telah menemukan naga, adiknya ingin melatih hewan penyembur api itu.

Sumber yang sama mengatakan minat sang adik itu berasal dari seri Netflix Sci-Fi Stranger Things, yang menampilkan telepati dan telekinesis - kekuatan untuk memindahkan sesuatu menggunakan pikiran seseorang.

Para pengguna yang lain membalas positif postingan tersebut, "Masuk akal. Pemikiran yang baik dan visioner," serta "Adik kamu terlihat keren."

Kantor perdana menteri (PMO) telah mengonfirmasi jawaban Jacinda Ardern adalah asli dan resmi.

Menurut sumber PMO, Ardern mengucapkan terima kasih kepada Victoria dan menulis: "Sayangnya kami sedang tidak melakukan pekerjaan di bidang itu. Oleh karenanya, saya mengembalikan uang suap. Saya berharap yang terbaik untuk Anda dalam pencarian telekinesis, telepati, dan naga."

3 dari 3 halaman

Kejadian Lain yang Serupa

Hal itu bukan pertama kalinya Ardern membalas surat dari gadis kecil. Pada Maret lalu, seorang pengguna Twitter memposting surat yang dilaporkan telah dikirim oleh sang perdana menteri.

Dalam surat itu, Ardern menulis:

"Untuk Lucy, terima kasih banyak atas catatan yang indah," kata Ardern sambil mengatakan bahwa ia menyukai kertas bergambar pelangi dalam surat yang dikirimkan untuknya.

"Saya setuju itu ide yang bagus untuk melarang senjata berbahaya, dan saya tahu bahwa Selandia Baru akan menjadi tempat yang lebih aman karenanya," kata sang PM menjawab permohonan gadis kecil.

Ardern kemudian mengatakan kepada Lucy, hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan menunjukkan cinta kepada komunitas Muslim dan melindungi siapapun yang telah menjadi target tindakan buruk karena agama, budaya, atau ras.

"Bersama kita akan memastikan, kita tidak akan membiarkan kebencian seperti itu berubah menjadi kekerasan," lanjut Ardern. "Saya dapat mengatakan dari surat Anda, bahwa Anda seorang gadis yang baik hati dan penuh kasih, Lucy. Saya ingin mendorong Anda untuk tetap menabur kebaikan selama hidup Anda," pungkas surat itu.

Loading
Artikel Selanjutnya
PM Selandia Baru Desak Komunitas Internasional Perangi Ekstremisme Online
Artikel Selanjutnya
Sekjen PBB dan PM Selandia Baru Bersatu Melawan Perubahan Iklim