Sukses

Empat Orang Tewas dalam Penembakan di Tiga Lokasi Kanada

Liputan6.com, Penticton - Kepolisian Kanada melaporkan ada empat orang tewas dalam serangan penembakan di tiga wilayah berbeda yang ada di Kota Penticton pada Senin, 15 April 2019.

"Polisi menemukan empat orang tewas akibat tertembak di tiga lokasi berbeda," jelas Royal Canadian Mounted Police (RCMP) dalam sebuah pernyataan.

Dikutip dari laman ndtv.com, Selasa (16/4/2019), insiden penembakan awal dilaporkan pada pukul 10.30 waktu setempat (17.30 GMT). Ketika polisi Kanada sedang dalam perjalanan ke lokasi kejadian, penembakan kedua dilaporkan.

Tersangka dalam kedua penembakan itu menyerahkan diri sekitar satu jam setelah laporan pertama, kata polisi.

Namun, motif penembakan masih belum diketahui.

"Mengapa ini bisa terjadi? Ini adalah bagian dari penyelidikan kami yang sedang berlangsung," kata komandan regional RCMP Ted De Jager.

Pelaku yang telah menyerahkan diri tersebut masih ditahan oleh polisi. Otoritas juga belum menyampaikan kapan penyelidikan lebih lanjut akan dilaksanakan.

Sejauh ini, polisi Kanada baru bisa menduga penembakan itu sebagai "insiden yang ditargetkan."

"Kami sejauh ini baru bisa menentukan bahwa insiden ini merupakan kejadian yang ditargetkan," papar De Jager.

2 dari 3 halaman

Kasus Serupa

Pada Agustus 2018, penembakan terjadi di Fredericton, New Brunswick, bagian timur Kanada pada Jumat 10 Agustus 2018.

Kepolisian setempat mengatakan, empat orang dilaporkan meninggal dunia, dua di antaranya adalah anggota polisi.

Kasus penembakan ini dikonfimasi oleh polisi wilayah Fredericton, New Brunswick, Kanada melalui cuitan di akun Twitter.

Dikutip dari laman BBC, otoritas setempat tidak menyebutkan identitas pelaku serta motif dari insiden penembakan tersebut.

"Belasungkawa yang terdalam kami sampaikan kepada keluarga dari anggota kepolisian Fredericton yang meninggal, Lawrence Robert (45) dan Sara Mae Helen Burns (43) serta korban lainnya dalam penembakan pagi ini," tulis @CityFredPolice.

Atas insiden ini, polisi mengimbau masyarakat setempat untuk tinggal di dalam rumah dan tidak melakukan aktivitas di luar apabila tidak di perlukan.

 

3 dari 3 halaman

Jumlah Penembakan Meningkat

Sementara itu, menurut laporan dari seorang reporter TV lokal ada empat kali tembakan yang terjadi di lokasi tersebut.

Nick Moore, seorang wartawan dari CTV Atlantic menggambarkan keadaan di lokasi kejadian sebagai peristiwa darurat yang harus segera ditindaklanjuti.

Fredericton adalah ibu kota dari provinsi New Burnswick dengan total penduduk mencapai 56 ribu jiwa. Undang-undang mengenai kepemilikan senjata api di Kanada sebenarnya telah diperketat, bahkan lebih baik dari Amerika Serikat.

Tetapi, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir jumlah penembakan kian meningkat. Dalam catatan kepolisian Kanada, sangat jarang ada petugas keamanan yang tewas saat menjalankan tugas.

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Orang Tertembak di Luar Kelab Malam Melbourne, Sopir Porsche Hitam Pelakunya?
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: Peran Perampok Riau yang Akhiri Hidup Seorang Janda