Sukses

3 Fakta Sandra Oh, Aktris Asia Pertama Peraih 2 Piala Golden Globe Awards

Liputan6.com, California - Golden Globe Awards kembali digelar pada tahun ini. Sekarang, acara tahunan tersebut sudah memasuki usia ke-74 dan diselenggarakan pada Senin, 7 Januari 2019 di The Beverly Hilton, Beverly Hills, California, Amerika Serikat.

Dalam keseluruhan acara, ada satu bintang yang paling banyak menarik perhatian media. Dia adalah Sandra Miju Oh atau akrab disapa Sandra Oh. Pemain serial drama keturunan Korea ini berhasil meyabet piala pemenang Golden Globe Awards 2019, kategori penampilan terbaik sebagai artis serial drama.

Kini, media-media internasional masih menyoroti pemeran Eve Polastri dalam serial "Killing Eve" itu. Oh, yang berkebangsaan Kanada, juga menjadi wanita keturunan Asia pertama yang mengantongi banyak piala di Golden Globe Awards sepanjang sejarah penghargaan ini.

Dia pun menjadi perempuan Asia pertama yang menjadi pembawa acara dari penghargaan bergengsi di dunia perfilman itu.

Sebelumnya pada tahun 2006, Sandra Oh juga memenangkan Golden Globe Awards kategori "Penampilan Terbaik Aktris Peran Pendukung dalam Serial Televisi, Serial Terbatas, atau Film yang Dibuat untuk Televisi."

Penilaian para dewan juri didasarkan pada kualitas akting Oh dalam serial drama 2005 berjudul Grey's Anatomy, yang memerankan Cristina Yang.

Lalu, fakta apa saja yang belum banyak diketahui oleh para penggemar Sandra Oh, aktris kelahiran 20 Juli 1971 ini? Berikut tiga di antaranya, seperti dikutip dari Vogue, Rabu (9/1/2019).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 4 halaman

1. Asli Kelahiran Kanada

Meskipun berwajah oriental, Sandra Oh sebenarnya lahir di Ottawa, Ontario, Kanada. Ayahnya, Oh Junsu, adalah seorang pengusaha dan ibunya, Jeon Young-nam, adalah seorang ahli biokimia. Keduanya bermigrasi dari Korea Selatan ke Kanada pada 1960-an dan menetap di pinggiran kota Ottawa.

Pada 2011, Sandra Oh ditetapkan sebagai bintang di Walk of Fame Kanada. Oh mengatakan kepada Vogue pada tahun lalu tentang perasaannya menjadi keturunan Asia yang bisa mengukir sejarah di dunia perfilman dunia.

"Menjadi orang Korea-Kanada yang tumbuh di Kanada, menjadi orang Kanada yang tinggal di Amerika --selalu ada sudut pandang yang agak asing, yang benar-benar coba dirangkul oleh saya," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

2. Kecintaannya Pada Film Berawal dari Balet

Orangtua Sandra Oh memasukkannya ke kelas balet pada usia 4 tahun, dengan harapan memperbaiki kiprahnya di dunia seni. Namun karena inilah, Oh menjadi jatuh cinta dengan dunia peran.

Pada usia 10, dia tampil dalam drama pertamanya, The Canada Goose, dan pada usia 15, dia mulai sering muncul di sejumlah televisi-televisi nasional, teater, dan pertunjukan komersial.

4 dari 4 halaman

3. Orangtua Tak Setuju

Ayah Oh, Oh Junsu, adalah seorang pengusaha, dan ibunya, Oh Young-nam, adalah seorang ahli biokimia yang menikah di Seoul, Korea Selatan.

"Aku satu-satunya orang di keluargaku yang tidak memiliki keahlian mumpuni terhadap sesuatu," Oh mengatakan kepada Ellen DeGeneres pada tahun 2006.

Oh juga menyampaikan kepada Marie Claire bahwa orangtuanya tidak pernah menyetujui dai terjun ke film.

"(Dengan menjadi pemain film) Apa yang kamu lakukan untuk masyarakat? Apakah kamu menjadi orang Kristen yang baik? Begitu kata orangtuaku. Seperti kebanyakan orangtua pada umumnya, mereka ingin anak-anak mereka menjadi dokter atau pengacara," cerita Oh.

Meski ditentang oleh orangtuanya, Sandra Oh tetap menghormati dan menyayangi keduanya. Saat malam penganugerahan Golden Globe Awards pada 7 Januari kemarin, dia mengajak serta kedua orangtua untuk hadir di Beverly Hills.

Bom Tewaskan 21 Polisi, Presiden Kolombia Berunjuk Rasa

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Sandra Oh Memesona di Golden Globe 2019 dengan 3 Gaun dan Balutan Berlian
Artikel Selanjutnya
Indahnya Ottawa, Tempat Kelahiran Pemenang Golden Globe 2019 Sandra Oh