Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

4 Perubahan Bentuk dan Warna pada Bibir Ini Cerminkan Kesehatan Anda

Liputan6.com, Jakarta - Percaya atau tidak, perubahan pada bentuk dan warna bibir dapat menggambarkan kondisi kesehatan Anda. Apakah itu demam, kekurangan zat tertentu atau kurang minum. 

Warna bibir orang memang berbeda-beda. Namun, seseorang yang dalam kondisi sehat akan tergambar dari bibirnya yang tampak segar dan sehat.

Namun, kerap kali kita menemukan bibir yang pucat atau bahkan berubah bentuk. Jika sudah seperti ini, tak ada salahnya waspada. 

Seperti dikutip dari laman bamail.com, Sabtu (15/12/2018), berikut 4 perubahan bentuk dan warna bibir yang dianggap mencerminkan kesehatan Anda:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 5 halaman

1. Pembengkakan

Terkadang, kita kerap menemukan pembengkakan pada bibir. Kebanyakan orang berpikir, kondisi tersebut akibat gigitan serangga.

Namun, tak semua bibir bengkak disebabkan oleh gigitan nyamuk atau semut. Makanan yang kita konsumsi juga menjadi penyebabnya.

Bisa jadi Anda mengalami alergi pada makanan, seperti makanan olahan makanan laut yang tidak cocok bagi Anda.

 

3 dari 5 halaman

2. Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah kerap dianggap karena seseorang mengalami kekurangan cairan dalam tubuhnya. Itu semua ada benarnya. Namun, ada hal serius lainnya yang tergambar dari kondisi bibir pecah-pecah.

Seseorang yang mengalami bibir pecah-pecah bisa dikaitkan dengan kondisi tubuh yang sedang tidak baik. Misalnya, panas dalam.

Selain itu, kekurangan zat besi dan vitamin B kompleks juga menyebabkan bibir pecah-pecah. Oleh karenanya, konsumsi makanan yang bisa menyehatkan tubuh sehingga mampu mengembalikan zat-zat baik yang hilang.

 

4 dari 5 halaman

3. Perubahan Warna

Selain bentuknya yang berubah, warna pada bibir juga mengindikasikan kondisi kesehatan Anda. Lazimnya, orang yang sehat bibirnya akan terlihat segar dan tidak pucat.

Apabila bibir seseorang tampak kebiru-biruan, maka orang tersebut bisa jadi sedang anemia (kekurangan zat besi) serta kekurangan oksigen dalam darah.

Sementara itu, apabila muncul bintik cokelat dan hitam pada bibir menunjukkan jika Anda sedang terserang lentigo -- kondisi bercak pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari jangka panjang.

 

5 dari 5 halaman

4. Luka-Luka di Pinggir Bibir

Beberapa orang ada yang mengalami luka-luka atau bengkak-bengkak kecil di pinggir bibir. Kondisi semacam ini biasanya disebabkan oleh virus herpes simpleks dan itu menular.

Biasanya, hal ini muncul dengan disertai rasa gatal atau panas seakan-akan terbakar. Hal ini biasanya dipicu oleh kondisi tubuh yang sudah tidak baik atau virus dari orang lain.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Anggap Sepele, 8 Tanda pada Bibir Bisa Jadi Gejala Penyakit
Artikel Selanjutnya
Demi Bibir Terbesar di Dunia, Mahasiswa Bulgaria Jalani 15 Kali Operasi Plastik