Sukses

Awas, 5 Makanan Ini Berbahaya Jika Disantap dalam Kondisi Mentah

Ada sejumlah risiko yang dapat Anda rasakan apabila mengonsumsi beberapa makanan yang masih dalam kondisi mentah.

Liputan6.com, Jakarta - Sushi dan sashimi adalah makanan khas Jepang yang biasanya disajikan dan dimakan dalam kondisi mentah. Meski awalnya dianggap aneh, terutama orang Barat, hidangan tersebut kini jadi tren dan jadi kegemaran orang dari latar belakang berbagai bangsa. 

Pada hakikatnya, sushi adalah makanan yang boleh dimakan dalam kondisi daging ikan atau hewan laut lain masih mentah. Namun, hal yang perlu diingat adalah daging ikan itu harus segar dan bersih serta bebas dari bakteri.

Meski begitu, tak semua makanan boleh dimakan secara mentah. Ada beberapa bahan makanan yang sama sekali tidak boleh dimakan secara mentah sama sekali.

Sebab, hal ini bisa memicu sejumlah efek mulai dari keracunan hingga kematian. Seperti dikutip dari laman Health.howstuffworks.com, Selasa (11/12/2018) berikut 5 makanan yang tak boleh dikonsumsi secara mentah:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kacang Merah

Kacang merah mengandung protein yang disebut sebagai lektin. Hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh, apabila kacang merah tersebut dimasak terlebih dahulu.

Namun, apabila kacang merah tersebut tidak dimasak terlebih dahulu akan membahayakan tubuh. Sebab, kacang yang tidak dimasak mengandung phytohemagglutinin.

Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, maka kacang merah mentah akan mengganggu masalah pencernaan, memicu mual dan muntah.

Apabila sudah terlalu parah maka Anda bisa keracunan dan harus dibawa ke rumah sakit.

3 dari 6 halaman

2. Kacang Almond

Kacang almond memang enak untuk dikonsumsi. Apalagi ditambahkan ke kue atau es krim. Namun, kelezatan kacang almond dapat dirasakan apabila kacang itu telah dimasak sebelumnya.

Sebab, kacang almond yang masih mentah mengandung kadar hidrogen sianida yang berbahaya. Anak-anak yang menelan beberapa almond pahit atau mentah dapat menimbulkan kematian.

Orang dewasa yang mengonsumsi almond mentah mungkin tak berisiko meninggal, tetapi bisa keracunan.

4 dari 6 halaman

3. Kentang

Kebanyakan dari Anda tentu pernah mengonsumsi kentang. Mau itu digoreng atau direbus. Di sejumlah negara, kentang dianggap sebagai pengganti nasi.

Kentang juga baik bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam keadaan matang. Jika dimakan secara mentah, maka kebalikannya.

Kentang mentah berpotensi beracun karena senyawa yang disebut solanin. Biasannya, kentang yang berpotensi beracun adalah kentang jenis hijau.

 

5 dari 6 halaman

4. Singkong

Singkong memiliki banyak nama. Mulai dari ubi kayu, tapioka, hingga kasava. Tanaman asli Amerika Selatan ini mudah tumbuh di iklim yang lembab.

Makan singkong rebus atau goreng sangat mengenyangkan. Oleh karenanya, singkomg ini jadi makanan pokok di sejumlah wilayah untuk memenuhi kebutuhan.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah makan singkong dalam kondisi mentah. Toksit beracun dalam singkong mentah adalah sekelompok senyawa yang berubah menjadi hidrogen sianida apabila sudah masuk dalam tubuh.

Jika dimakan, Anda bisa muntah-muntah atau pingsan.

6 dari 6 halaman

5. Daging Babi

Sebagian dari Anda mungkin pernah mendengar tentang trichinosis sebelumnya. Ini adalah parasit yang bisa menyerang dang tinggal di usus kecil Anda apabila mengomsusi daging babi yang masih mentah.

Babi bukan satu-satunya hewan yang dapat menyebabkan parasit itu menyerang tubuh. Daging beruang, serigala, rubah dan walrus yang mentah juga bisa membuat potensi yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini