Sukses

Buronan Berwajah Cantik Hebohkan China

Penampilan buron wanita berwajah cantik ini yang mengejutkan netizen yang kemudian ramai mengomentarinya di media sosial.

Liputan6.com, Sichuan - Seorang perempuan, yang dijadikan tersangka kasus kejahatan oleh polisi di China, mencuri perhatian dunia maya berkat penampilannya yang cantik.

Kepolisian Mianyang di Provinsi Sichuan memposting foto perempuan itu di dunia maya pada Jumat 16 November 2018 lalu. Kecantikan buron wanita itu ternyata membuat netizen di China heboh dan ramai berkomentar.

Perempuan cantik itu, yang diidentifikasi sebagai Qingchen Jingjing, kini tengah buron dan masuk dalam daftar pencarian polisi. Ia diduga melakukan serangkaian penipuan di sejumlah bar dan tempat minum teh.

Perempuan berusia 19 tahun itu diyakini menjadi bagian dari geng beranggotakan tujuh orang yang menargetkan pelanggan mabuk.

Menurut laporan media baru-baru ini, tiga anggota geng telah menyerahkan diri sementara Qingchen masih buron.

Qingchen, penjahat yang disebut cantik di China. (Screen grab Weibo)

Setelah foto Qingchen viral di media sosial, informasi lebih detail terkait dirinya pun tergali.

Menurut mantan teman sekolahnya, kepada Beijing News, dia dahulu adalah "kembang kelas" yang populer di mata anak laki-laki. Senior lainnya menggambarkan sosok Qingchen sebagai orang yang ceria dan ramah, meskipun perlu berjuang keras dalam hal akademis.

Menyadari unggahan foto buron cantik itu menjadi viral secara tak disengaja, polisi Mianyang kemudian memposting sebuah pesan di Weibo pada 25 November.

"Memiliki wajah rupawan bukan salah Anda, tetapi menggunakannya untuk melanggar hukum adalah hal yang salah," tulis pihak kepolisian Mianyang.

Pemberitahuan terpisah lainnya yang diposting otoritas, mengingatkan publik bahwa "kecantikan tidak dapat digunakan sebagai alasan untuk melarikan diri dari hukum".

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjahat Paling Cantik?

Sementara itu, sejumlah pengguna Weibo mengaku tak percaya dengan aksi Qingchen. Mereka sangsi bahwa seseorang secantik dia bisa melakukan kejahatan.

Kata seorang pengguna: "Dia bisa menipu saya kapan saja."

"Dengan wajah ini, dia bisa dengan mudah menemukan pekerjaan tanpa melakukan kejahatan," komentar lainnya.

Sebuah posting di Weibo juga bertanya-tanya apakah Qingchen bisa dinobatkan jadi "buronan paling cantik".

Pemberitaan Qingchen membuatnya diperbandingkan dengan Jeremy Meeks, penjahat tampan asal Amerika Serikat yang mencuri perhatian dunia maya tahun 2014.

Berkat pemberitaan yang membuatnya viral, ayah tiga anak itu mendapatkan kontrak sebagai model setelah bebas dari penjara atas tuduhan memiliki senjata api dan perampokan.

Dia sekarang dikenal sebagai pacar pewaris dan sosialita Topshop, Chloe Green. Pasangan itu baru saja berbahagia atas kelahiran seorang bayi laki-laki pada bulan Mei tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.