Sukses

Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Rahasia Biji Alpukat untuk Diet hingga Kecantikan

Ternyata, biji aplukat punya manfaat tersembunyi untuk kecantikan. Apa khasiatnya?

Liputan6.com, Jakarta - Menurut artikel yang diterbitkan dalam situs healthline.com, alpukat adalah buah yang terbilang unik.

Saat sebagian besar buah mengandung karbohidrat dalam jumlah banyak, lain halnya dengan alpukat. Buah berwarna hijau tua ini kaya akan lemak sehat.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa buah dengan nama latin Persea americana ini memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan.

Ada banyak jenis alpukat dengan beragam bentuk dan warna, mulai dari seperti buah pir hingga bulat, serta berwarna hijau hingga kehitaman. Bobotnya pun berbeda, mulai dari 8 ons (220 gram) hingga 3 pon (1,4 kg).

Umumnya, orang-orang hanya mengonsumsi dagingnya saja dan membuang bijinya.

Tapi tahukah Anda bahwa biji buah alpukat ternyata bisa digunakan untuk banyak hal? Berikut 7 manfaat di antaranya, seperti dikutip dari Bright Side, Rabu (31/10/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kandungan Biji Alpukat

Biji alpukat bersifat bakterisida dan fungisida. Itu artinya, biji alpukat mampu menetralisir berbagai mikroorganisme berbahaya.

Selain itu, biji alpukat mengandung saponin yang meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh kita menyingkirkan kolesterol "jahat". Biji alpukat juga mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin C.

Para ahli gizi sangat menyarankan orang-orang, khususnya kaum Hawa, untuk menggunakan biji alpukat sebagai produk kosmetik atau suplemen makanan.

3 dari 5 halaman

Cara Menggunakan

Sebelum memasak biji alpukat, Anda harus mengupas kulit biji dan membiarkan biji alpukat mengering.

Lalu, gunakan parutan untuk memarut kulit biji, taruh di oven dan panggang selama sekitar satu jam pada suhu rendah.

Ahli gizi tidak menyarankan Anda untuk mengonsumsi biji segar.

4 dari 5 halaman

Khasiat untuk Kecantikan

Berkat efek antibakterinya, biji alpukat sangat cocok untuk menyembuhkan jerawat, mengatasi rambut berminyak dan ketombe. Mereka juga memiliki pengaruh baik pada warna kulit dan kesehatan rambut.

1. Scrub

Campurkan parutan biji alpukat dengan kopi bubuk, tambahkan garam laut, dan oleskan pada kulit Anda dengan gerakan lembut.

2. Krim Pengering Jerawat

Campurkan air hangat dan parutan biji sampai campuran terlihat seperti pasta. Untuk efek yang lebih baik, tambahkan beberapa tetes minyak pohon teh (tea tree). Oleskan campuran ini ke jerawat Anda dan biarkan selama 4-6 menit.

3. Masker Wajah

Campurkan parutan biji dengan bubuk tanah liat, tambahkan air, dan oleskan ke wajah. Hindari penerapan pada area mata. Setelah 15 menit, bersihkan wajah dan oleskan krim pelembab.

4. Pembilasan Rambut

Tambahkan 30 fl oz (887 ml) air ke dalam panci berisi parutan biji alpukat. Rebus air ini pada suhu rendah selama 30 menit. Kemudian, saring larutan dan bilas rambut Anda menggunakan larutan ini setelah keramas.

5 dari 5 halaman

Khasiat untuk Diet

Anda disarankan untuk mengonsumsi biji alpukat, jika Anda menderita obesitas, atherosclerosis (menumpuknya lemak, kolesterol, dan zat lain di dalam dan di dinding arteri), atau mengalami masalah dengan tekanan darah.

Anda juga dapat memakannya jika Anda mengalami peradangan (misalnya, flu) atau gangguan pencernaan. Parutan biji alpukat umumnya ditambahkan ke salad, smoothie, dan hidangan lainnya.

5. Salad

Semua jenis salad akan semakin terasa nikmat jika ditaburi parutan biji alpukat di atasnya.

6. Smoothie

Ambil 2 cangkir susu almond, pisang, seledri, bayam dan 1 sendok makan (sdm) parutan biji alpukat. Kemudian masukan bahan-bahan ini ke dalam mesin pencampur (blender), giling sampai halus.

Anda dapat menggunakan resep lain yang Anda suka. Akan tetapi, ingatlah bahwa biji alpukat rasanya cukup pahit. Jadi lebih baik menambahkan sesuatu yang rasanya manis.

7. Sup Kental

Goreng beberapa siung bawang yang sudah diiris tipis, tambahkan bubur alpukat (alpukat yang sudah dihaluskan) dan 15 liter kaldu sayuran. Rebus di atas api sedang dan tunggu hingga sup mendidih.

Setelah matang, angkat penggorengan dan tuangkan sup ke dalam mangkuk. Taburi dengan parutan biji alpukat di atas sup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.