Sukses

Sadako Vs Kuntilanak... Ini 4 Hantu Luar Negeri yang Mirip dengan Setan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Para leluhur manusia mewarisi legenda, hikayat atau bahkan dongeng kepada penerusnya. Cerita bervariasi, mulai dari pahlawan hingga setan.

Kisah-kisah itu bahkan dibukukan atau difilmkan. Banyak orang yang bertanya-tanya apakah cerita ini kisah nyata atau sebuah fiksi belaka.

Meskipun cerita legenda tak tertulis, namun kisah-kisahnya menyebar dari mulut ke mulut hingga terus teringat di masyarakat.

Kisah horor, setan atau yang berbau mistis juga diwariskan kepada generasi saat ini. Indonesia adalah negara yang juga turut mempunyai kisah menyeramkan. Bahkan, sejumlah hantu yang ada di Indonesia menyerupai beberapa arwah menyeramkan di luar negeri.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, berikut 4 hantu luar negeri yang menyerupai setan di Indonesia:

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 5 halaman

1. Sadako - Kuntilanak

Sadako adalah hantu perempuan yang begitu melegenda di Jepang. Ia diyakini sebagai perempuan yang mendapatkan kekerasan seksual hingga kemudian dibunuh. Lalu, mayatnya dibuang ke sumur.

Dalam setiap pemutaran film ada saja adegan dimana hantu Sadako muncul dari sumur, lalu naik ke atas dengan cara jalannya yang aneh.

Rambut Sadako yang panjang dan berantakan menutupi semua wajahnya. Hantu Jepang ini digambarkan dengan pakaian putih panjang, serupa dengan kuntilanak -- setan perempuan yang diyakini juga perempuan.

Meski tidak ada penjelasan lebih lanjut antara hubungan kedua hantu ini, namun bagi awam akan melihat kesamaan ciri dari kuntilanak dan sadako.

 

3 dari 5 halaman

2. Toshio - Tuyul

Dalam film Ju-on, dikisahkan bahwa setiap orang yang masuk ke dalam rumah bekas pembunuhan, satu persatu akan mati karena dibunuh oleh arwah jahat bernama Kayako.

Kayako bersama anaknya, Toshio, dulunya tinggal di rumah tersebut, namun ia dibunuh oleh suaminya sendiri secara sadis. Arwahnya pun menghantui dan mengganggu siapa saja yang masuk ke bangunan itu.

Karena melihat pembunuhan yang dilakukan sang ayah terhadap ibunya, Toshio pun turut dihabisi nyawanya. Sama seperti sang ibu, anak laki-laki itu juga mengganggu siapa pun yang pernah masuk ke rumah angker tersebut.

Toshio mengingatkan kita dengan setan anak-anak dari Indonesia. Namun, bedanya yang satu ini diyakini gemar mencuri. Tak lain dan tak bukan adalah tuyul.

4 dari 5 halaman

3. Jack-o'-lantern - Hantu Kepala Buntung

Jack o’lantern adalah nama untuk hiasan Halloween dari labu kuning yang sudah dipotong di bagian atas, dikorek isi dan diukir hingga berbentuk kepala makhluk sedang tersenyum jahat.

Namun menurut legenda di Irlandia, Jack-o'-lantern adalah petani pria yang berhasil menipu sang setan dengan salib sehingga setan berjanji untuk tidak memasukkan Jack ke neraka.

Karena ia juga banyak dosa jadi tidak boleh masuk surga. Hingga saat ini diyakini bahwa Jack masih keliling dunia untuk mencari tempat peristirahatan terakhir.

Secara bentuk, petani penuh dosa ini digambarkan tanpa kepala dan hanya memegang labu yang diukir tadi. Penampakan visual ini mengingatkan kita dengan setan kepala buntung yang ada di pemakaman jeruk purut.

Setan dari Indonesia ini diyakini sebagai pendeta tanpa kepala.

5 dari 5 halaman

4. Ubume - Sundel Bolong

Ubume adalah hantu wanita yang meninggal dunia sebelum melahirkan anaknya. Kisah ubume diceritakan pertama kali pada abad ke-12.

Ketika seorang wanita meninggal dunia sebelum, saat, atau sehabis melahirkan, biasanya arwahnya akan gentayangan, dan saat inilah dipercaya oleh orang Jepang bahwa ia akan berubah menjadi ubume.

Mereka tampak pada malam yang gelap dan hujan, dan biasanya berjalan-jalan sambil membawa anak meminta pertolongan.

Ubume tampak dalam jubah putih, rambut panjang kusut terurai, dan wajahnya peyot. Ubume ini juga dapat tampak dalam berbagai wujud wanita yang membawa bayi, wanita hamil, wanita berlumuran darah sambil membawa janin muda.

Versi lain mengatakan ia menyerupai wanita hamil telanjang yang menangis tersedu-sedu meminta pertolongan. Hal ini mengingatkan kita pada setan sundel bolong yang juga melahirkan bayi, namun lewat punggung sehingga terlihat bolong.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Lokasi Bereputasi Angker yang Pernah Tercatat dalam Sejarah
Artikel Selanjutnya
Lihat Foto Keluarga Ini dengan Seksama, Dijamin Bikin Bulu Kuduk Berdiri