Sukses

Hapus Noda Krayon... Ini 10 Cara Pakai Mayones yang Tak Banyak Orang Tahu

Berikut cara menggunakan mayones yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Mayones adalah salah satu bumbu paling populer yang digunakan di seluruh dunia. Misalnya, di AS, orang menghabiskan $ 2 miliar setiap tahun untuk membelinya.

Tak hanya dapat digunakan sebagai pelengkap makanan, mayones ternyata menawarkan banyak manfaat untuk kecantikan dan rumah tangga. Cara penggunaan untuk hal ini mungkin belum banyak diketahui orang.

Berikut cara menggunakan mayones yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya, seperti dikutip dari Bright Side, Minggu (10/7/2018):

10. Perawatan kuku

Ilustrasi Foto Jari Kuku (iStockphoto)

Jika kuku Anda rapuh dan mudah patah, semangkuk mayo --sebutan untuk mayones-- adalah cara terbaik bagi Anda untuk memulai manicure di rumah. Cukup celupkan jari Anda ke dalamnya dan tunggu sekitar 5 menit, lalu bilas.

Perawatan ini akan membuat kuku Anda terlihat lebih kuat, lebih sehat dan akan melembutkan kutikula.

9. Pelembab kulit

Cegah kulit kering dengan aplikasi lotion terbaru dari H20+

Untuk menyehatkan kulit kering Anda, ambil beberapa sendok mayones dan tambahkan satu sendok teh minyak zaitun ke dalamnya. Aduk campuran tersebut dan oleskan ke area kering.

Biarkan campuran itu selama sekitar 10 menit, lalu bersihkan dengan kain basah. Minyak dan cuka di mayo akan menjaga kulit Anda terhidrasi dan mencegahnya mengelupas.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Obati Luka Bakar hingga Penghapus Noda Krayon

8. Perawatan Luka Terbakar Matahari

Jika Anda ingin mengurangi rasa sakit akibat luka bakar ringan dan terbakar sinar matahari dengan cepat, oleskan saja mayones. Saus ini akan menenangkan kulit Anda yang rusak, membuatnya tetap lembab, dan mengurangi sensasi terbakar serta kemerahan.

Ada beberapa cara ampuh yang dapat menyembuhkan kulit terbakar akibat sinar matahari. (Foto: iStockphoto)

Kandungan cuka pada mayo akan bertindak sebagai anestesi alami untuk menghilangkan rasa sakit.

7. Pembersih Permen Karet

Ilustrasi permen karet. (iStockphoto)

Apakah Anda perlu menghapus permen karet dari karpet di ruang tamu, meja di dapur, atau rambut dengan mudah?

Cukup tempelkan sedikit mayo ke permen karet yang menempel dan tekan-tekan bukan menggosoknya. Saus yang berminyak akan melonggarkan daya rekat permen karet dan membiarkannya terlepas tanpa meninggalkan jejak.

6. Kondisioner Rambut

Ilustrasi Foto Rambut Rusak, Rontok dan Kering (iStockphoto)

Jika Anda mengalami rambut kering dan terasa seperti jerami, mayones bisa jadi penyelamatnya. Yang perlu Anda lakukan adalah mengganti kondisioner rambut sehari-hari dengan bumbu ini.

Kuning telur di mayo mengandung lecitin yang akan mendorong pertumbuhan rambut, sementara cuka akan membuat kulit kepala mengelupas. Hasilnya, Anda akan mendapatkan rambut yang lembut, sehat, dan berkilau.

Mayones juga merupakan pembunuh kutu alami. Untuk menyingkirkan parasit yang mengganggu ini, oleskan sedikit mayo ke rambut Anda, tutupi dengan topi mandi dan biarkan selama sekitar 8 jam.

Setelah itu, keramas dengan sampo. Minyak nabati di mayo akan bertindak seperti lem yang dapat membuat kutu dewasa dan muda mati lemas.

5. Penghilang Noda Krayon

Sebenarnya, seberapa efektif kebijakan Sekolah Ramah Anak untuk Mengurangi Angka Kekerasan yang Terjadi pada si Kecil (iStockphoto)

Apakah anak-anak Anda mengubah dinding di rumah menjadi kanvas?

Alih-alih memarahi mereka, ambil mayo dan spons dan oleskan ke noda krayon. Biarkan selama sekitar 5 hingga 10 menit dan bersihkan dengan kain bersih.

Mayones akan membersihkan dinding dengan rapi tanpa mempengaruhi cat.

3 dari 3 halaman

Zat Pembersih

4. Pembersih Perak

Mayones adalah salah satu pemoles perak alami terbaik.

Kini Anda hanya membutuhkan tiga trik berikut agar sendok dan panci memasak Anda bersih dan tampak baru kembali. (Foto: iStockphoto)

Jadi jika Anda ingin membuat perak Anda bersinar tanpa menggunakan zat kimia, cukup gunakan mayo ke sendok dan garpu lalu bersihkan dengan kain lembut dan bilas dengan air bersih. Tingkat keasaman ringan dari lemon akan menghilangkan noda dan minyak pada benda tersebut dan meninggalkan kilau yang indah pada alat makan itu.

3. Penghapus Stiker

Ilustrasi gelas (iStock)

Untuk menghapus label harga yang membandel dari gelas, ikuti langkah-langkah berikut.

Pertama-tama, gosok stiker dengan kuku dan untuk menghilangkan sisanya cukup oleskan sedikit mayones. Biarkan selama sekitar 15 hingga 20 menit.

Lem bekas stiker akan melonggar dan Anda akan bisa mengelupas sepenuhnya.

2. Pelumas Engsel

Ilustrasi (iStock)

Jika engsel pintu yang berderit membuat jengkel, Anda tidak perlu terburu-buru ke toko untuk membeli pelumas khusus. Sebagai gantinya, buka kulkas dan ambil sebotol mayones!

Oleskan setetes mayones ke engsel, lalu buka dan tutup pintu beberapa kali agar substansi tersebut tersebar. Selamat menikmati kesunyian!

1. Memperbaiki Tampilan Benda dari Kayu

Ilustrasi meja kayu. Sumber: Pixabay

Apakah Anda menggores meja makan kayu dengan pisau atau secara tidak sengaja membuat retak patung favorit yang terbuat dari kayu?

Jika hal seperti itu terjadi, penuhi dengan mayones yang banyak dan biarkan selama beberapa hari. Seiring waktu, kombinasi protein dan minyak akan melembabkan kayu dan membuatnya mengembang.

Lemak di mayo akan membantu menutup retakan yang membuatnya tidak terlalu terlihat. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.