Sukses

Ini Bukti Garuda Wisnu Kencana Jadi Patung Tertinggi Ke-3 di Dunia

Liputan6.com, Denpasar - Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) kini tengah menjadi sorotan. Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah meresmikan karya seni setinggi 121 meter yang berlokasi di Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali pada Sabtu 22 September 2018 malam.

Karya seni itu terbuat dari tembaga dan kuningan yang ditopang 21.000 batang baja seberat 2.000 ton, serta baut sebanyak 170.000 buah.

"Saya tadi diberikan penjelasan bahwa patung ini lebih tinggi dari pada patung Liberty di Amerika Serikat," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Seperti diketahui, The Statue of Liberty memiliki ketinggian mencapai 93 meter, sedangkan patung Garuda Wisnu Kencana berukuran 121 meter.

Dengan tinggi sekitar 121 meter ini, GWK berada di posisi ke-3 jika dibandingkan dengan patung tertinggi di dunia.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, berikut 'bukti' Garuda Wisnu Kencana menempati posisi tertinggi ke-tiga di dunia:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 5 halaman

1. Spring Temple Buddha - China

Patung tertinggi di dunia berada di China yakni Spring Temple Buddha. Ukurannya mencapai 153 meter termasuk 20 meter alas bunga teratai, dan 25 meter pondasi patung.

Meski dihitung ukuran patungnya saja, Spring Temple Buddha tetap menjadi yang tertinggi di dunia dengan ukuran 128 meter.

Patung yang dibangun pada tahun 2002 ini berada di Lushan, Tiongkok. Patung berwarna emas ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai negara.

3 dari 5 halaman

2. Laykyun Setkyar - Myanmar

Patung Laykyun Setkyar termasuk dalam deretan patung tertinggi. Patung ini memiliki tinggi total 130 meter.

Jika hanya dihitung patungnya saja tanpa alas, patung Buddha Gautama yang terletak di Monywa, Myanmar ini setinggi 116 meter.

Patung tersebut berada satu kawasan dengan patung Reclining Buddha. Kedua ukuran patung Buddha itu sama-sama super jumbo. Banyak wisatawan dari berbagai negara datang ke kawasan patung Laykyun Setkyar.

4 dari 5 halaman

3. GWK - Indonesia

GWK berada di posisi tertinggi ketiga di dunia dengan tinggi mencapai 121 meter dari atas tanah, sementara patung Liberty hanya sekitar 93 meter plus konstruksi hingga mencapai 96 meter.

Tegaknya Garuda Wisnu Kencana menjadi penting karena menjadi simbol kemampuan Indonesia untuk melahirkan mahakarya yang baru, setelah karya besar peradaban masa lalu seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

5 dari 5 halaman

4. Patung Liberty

Statue of Liberty atau Patung Liberty adalah patung berukuran raksasa yang tingginya mencapai 46 meter. Namun jika dihitung dari alas total patung ini mencapai 93 meter.

Patung ini terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson, New York Harbor, Amerika Serikat.

Patung tersebut terbuat dari bahan dasar perunggu dan diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886. Patung Liberty masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kalahkan Patung Liberty, Garuda Wisnu Kencana Jadi Kebanggaan Bangsa Indonesia
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Optimistis Bakal Raup Miliaran Rupiah dari Pertemuan IMF-World Bank