Sukses

Takut Jarum Suntik hingga Tahan Pipis, 10 Reaksi Tubuh Ini Bisa Dikendalikan

Liputan6.com, Jakarta - Secara ilmiah, manusia sebenarnya memiliki kendali penuh atas tubuhnya sendiri. Namun lebih sering, manusia dikendalikan oleh respons tubuh tersebut dan tidak bisa mengendalikan sebagian besar proses fisik.

Seperti misal ketika Anda perlu buang air kecil, tetapi tidak ada toilet di sekitar Anda. Contoh kedua yaitu, Anda merasa amat mengantuk di saat harus mempersiapkan ujian, atau Anda tidak dapat berdeham di tengah presentasi penting.

Situasi seperti itu disebut sangat tidak menyenangkan. Untungnya, banyak hal dapat diubah jika Anda menemukan trik yang tepat untuk mengatur tubuh Anda sendiri.

Berikut 10 cara mengontrol tubuh saat berada di posisi seperti di atas, menurut Bright Side yang dikutip Liputan6.com pada Senin (24/9/2018).

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 11 halaman

1. Tiup Jempol Untuk Memperambat Detak Jantung

Detak jantung yang meningkat kerap disebabkan oleh stres. Mungkin, Anda pernah merasakan grogi sebelum presentasi penting, menerima hasil ujian, atau membuat kesalahan di tempat kerja.

Ada cara yang cukup sederhana untuk menenangkan diri, yakni Anda hanya perlu meniup ibu jari. Bagian tubuh Anda ini memiliki denyutnya sendiri. Jika Anda mendinginkannya, nadi di ibu jari akan melambat dan Anda akan lebih tenang.

Metode lain yang terbukti dan teruji adalah memasukkan ibu jari ke dalam mulut sembari meniupnya. Dengan cara ini, Anda akan merangsang saraf vagus, memperlambat denyut jantung, dan merasa jauh lebih tenang dan lega.

3 dari 11 halaman

2. Geser Berat Badan ke Samping Untuk Menghilangkan Sakit di Satu Sisi

Banyak orang yang kerap mengalami rasa sakit tak terduga di satu sisi, yang sering muncul saat jogging. Untuk meredakannya, Anda mungkin harus memperlambat atau bahkan menghentikan lari Anda.

Alasan paling umum yang sering diutarakan sebagai penyebab timbulnya rasa sakit tersebut adalah kurangnya pemanasan. Aliran darah meningkat secara signifikan ketika Anda berlari, tetapi darah tidak menyebar secara merata dan hanya terakumulasi di hati dan limpa.

Organ-organ tersebut memiliki penutup tipis dan akan menekan saat ada terlalu banyak darah di dalamnya. Inilah yang membuat rasa sakit itu timbul.

Para atlet tahu metode yang sudah terbukti untuk menangani masalah ini: Anda harus memperlambat kecepatan berlari Anda dan menggeser berat tubuh ke sisi berlawanan dengan rasa sakit itu. Lakukan sambil bernafas dan berulang, dengan demikian rasa sakit akan hilang.

4 dari 11 halaman

3. Pemanasan di Leher akan Mengurangi Mati Rasa di Tangan

Hampir semua orang mengalami mati rasa dan kesemutan di jari-jari tangan. Ini mungkin disebabkan oleh posisi yang tak nyaman saat tidur, bekerja, atau beban kerja yang berlebihan.

Ketika Anda merasakan hal seperti ini, Anda biasanya menghangatkan tangan dengan memutar atau menggerakkan jari-jari dan pergelangan tangan Anda. Metode seperti ini terbilang cukup efektif, tetapi ternyata ada cara yang lebih baik dan lebih ampuh untuk menyingkirkan mati rasa tersebut: putar kepala.

Anggota badan menjadi mati rasa karena tekanan saraf yang mengalir melalui leher. Jika Anda memutar kepala, Anda akan menghangatkan otot dan mengurangi tekanan itu. Metode ini nyaman digunakan dalam banyak situasi, terutama jika Anda sedang mengemudi mobil.

5 dari 11 halaman

4. Pijatan di Telinga Kurangi Ketidaknyamanan di Tenggorokan

Tenggorokan yang gatal terkadang bisa muncul begitu saja dan sangat sulit untuk menanggulanginya. Segelas air tidak selalu membantu meredakannya.

Untuk mengatasinya, pijatlah dengan hati-hati telinga Anda (sebaiknya di bagian dalam). Perasaan gatal seperti itu sering muncul karena kejang otot di tenggorokan. Ketika Anda memijat otot-otot tersebut, Anda akan merangsang saraf dan membantu otot-otot tenggorokan lebih rileks, kejang pun hilang.

6 dari 11 halaman

5. Batuk Mengalihkan Rasa Sakit dari Suntikan

Anda tidak dapat menyingkirkan semua perasaan tidak menyenangkan ketika disuntik, tetapi Anda dapat mensiasatinya dengan trik sederhana yang mungkin bisa dicoba.

Jika Anda mulai batuk setelah jarum suntik telah menembus kulit, konon hal ini ampuh meringankan rasa sakit.

Jurnal Inggris tentang operasi plastik pertama kali mempublikasikan informasi tentang trik tersebut. Dokter mengklaim, batuk bisa mengalihkan fokus rasa sakit dan ketakutan terhadap jarum suntik serta peningkatan tekanan arteri.

Ternyata, metode sederhana ini lebih efektif ketimbang mendengarkan musik, menonton film, bercakap, atau cara lainnya.

7 dari 11 halaman

6. Atasi Hidung Mampet dengan Memijat Area di Antara Alis

Anda dapat meringankan hidung tersumbat hanya dengan pijatan. Untuk menyingkirkan permasalahan itu, dorong jari-jari Anda ke area di antara alis, lalu tekan lidah ke langit-langit mulut selama 20 detik. Ulangi trik ini beberapa kali jika perlu.

Dengan menahan lidah Anda saat berada dalam posisi tersebut, Anda bisa memindahkan tulang yang menghubungkan saluran hidung ke mulut.

8 dari 11 halaman

7. Rasa Sakit dari Luka Akan Berkurang Saat Dilihat Menggunakan Teropong Terbalik

Otak bertanggung jawab atas rasa sakit yang kita rasakan. Ini merupakan cara otak untuk memberi tahu tubuh kita tentang bahaya yang diderita dari luka tersebut. Ternyata, kita bisa 'menipu' otak dan membuatnya percaya bahwa luka berdarah yang kita alami tidak seburuk yang dilihat oleh mata.

Para ilmuwan dari Oxford University melakukan percobaan dengan orang-orang yang menderita luka kronis. Mereka meminta para peserta untuk melihat area --yang terdapat luka-- dari berbagai sudut dan jarak. Jika area yang nyeri membesar, seseorang merasakan lebih banyak rasa sakit. Namun mereka merasakan sebaliknya jika area tersebut ditampilkan dalam skala yang lebih kecil.

Alasan untuk reaksi semacam itu terletak pada kerja logis otak: luka yang lebih besar menimbulkan sinyal peringatan yang lebih keras, sementara pandangan dari jauh membuat luka menjadi kurang menyakitkan.

9 dari 11 halaman

8. Jika Harus Menahan Kencing, Gosok Betis

Ketika Anda harus pergi ke toilet umum karena ingin kencing, namun mendapatkan antrean panjang di depan pintu wc, maka otak Anda akan mengirimkan sinyal untuk bergegas membuang air seni. Tapi secara fisiologis, biasanya Anda harus menunggu lebih lama dari yang Anda kira.

Ahli terapi fisik Australia, Janetta Webb, menemukan cara yang tidak biasa untuk menangani 'panggilan darurat ke toilet', yaitu menggaruk atau menggosok betis selama beberapa detik. Dengan demikian, Anda akan menjadi lebih santai.

Sayangnya, cara ini terbukti ampuh hanya untuk wanita dan masih belum jelas apakah trik tersebut berguna di kalangan pria.

10 dari 11 halaman

9. Hilangkan Pusing dan Sakit Kepala Sebelah

Pusing terjadi tidak hanya karena patologi dan penyakit yang serius, tetapi juga karena pengaruh dari faktor-faktor kecil, seperti kurangnya oksigen, stres, atau ketakutan. Biasanya, Anda harus duduk dan menunggu sampai kondisi Anda membaik. Namun, ada trik jitu yang bisa membantu Anda lebih efektif untuk mengusir pening.

Seorang ilmuwan dari University of Colorado membuktikan bahwa pusing dan vertigo bisa hilang hanya dalam satu menit. Caranya yakni, angkat kepala Anda menghadap ke atas, lalu perlahan-lahan bungkukkan badan ke depan dan putar kepala menghadap ke siku kiri Anda.

Orang yang mencoba metode ini mengklaim bahwa pusing hilang dengan segera setelah melakukan trik tersebut.

11 dari 11 halaman

10. Untuk Mendinginkan Tubuh, Tekan Sesuatu yang Adem Pada Denyut Nadi

Ada cara sederhana untuk menurunkan suhu tubuh Anda, yaitu tekan sesuatu yang dingin ke titik nadi yang ada di beberapa titik tubuh. Ada beberapa titik nadi di tubuh Anda: pelipis, pergelangan tangan, dan di bawah lutut.

Saat berolahraga, Anda dapat menggunakan gelang dan ikat kepala basah, dua benda ini akan melindungi tubuh Anda dari kepanasan. Ketika berada di ruangan yang pengap, tekan sesuatu yang dingin ke titik mana pun di tubuh Anda, di mana pembuluh darah dekat dengan kulit.

Artikel Selanjutnya
Mengembalikan Kebugaran Tubuh dengan Fasilitas Resort di Bali
Artikel Selanjutnya
Teknologi Canggih Merampingkan Perut dalam Waktu 30 Menit