Sukses

Ketika Kim Jong-un Melakukan Salam Cinta yang Populer di Budaya K-Pop

Liputan6.com, Pyongyang - Tren media sosial biasanya tidak terkait dengan diplomasi internasional, namun hal tersebut tidak menghentikan Kim Jong-un untuk meniru "salam cinta" yang populer di kalangan penggemar K-pop, julukan untuk budaya kontemporer Korea Selatan.

Salam cinta adalah isyarat menyilangkan jempol dan jari telunjuk menyerupai lambang hati, dan biasa dilakukan sebagai pose andalan untuk banyak foto yang diunggah warganet Korsel di media sosial.

Korea Herald melaporkan, sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Senin (24/9/2018), Kim Jong-un terlihat meniru isyarat populer itu ketika berfoto dengan Presiden Korsel Moon Jae-in di Gunung Paektu pada Jumat, 21 September 2018.

"Bagaimana Anda melakukannya? Saya tidak bisa membuat bentuknya (terlihat) bagus," kata Kim Jong-un, ketika dia berdiri di samping istrinya, Ri Sol-ju, yang mendorongnya melakukan salam cinta.

Pemimpin Korea Utara itu akhirnya berhasil membuat gerakan salam cinta, lapor Korea Herald, mengutip akun juru bicara kantor berita Korea Selatan Cheong Wa Dae, Kim Eui-kyeom.

Salam cinta --terkadang juga disebut jari bayi-- telah menjadi pose populer di Korea Selatan selama bertahun-tahun, sejak pertama kali muncul di berbagai acara televisi setempat pada 2010 silam.

Pose unik ini meraih popularitas luas di tingkat global, seiring kian populernya budaya K-pop, melalui musik, serial televisi, dan lain sebagainya.

Salah seorang blogger gaya hidup asal Hong Kong, Eva Chen, mengatakan di Pekan Mode Paris bulan Maret lalu, bahwa "Orang-orang di Korea tidak lagi melakukan salam (emoji) perdamaian, melainkan salam cinta".

Eva menambahkan, beberapa temannya yang berasal dari Korea Selatan mengatakan bahwa salam hati merupakan ekspresi cinta, syukur, niat baik dan gwiyeobda, yakni frasa untuk menilai sesuatu yang lucu atau menawan (mirip dengan istilah kawaii di Jepang).

Keikusertaan Kim Jong-un dalam menyampaikan salam cinta dalam pertemuan diplomatik kedua pemimpin negara Korea memicu tingginya pencarian gambar terkait di internet, dan bahkan sempat bertengger sebagai salah satu tren topik tertinggi di Twitter, dengan tanda pagar (tagar) #KimFingerHeart.

 

Simak video pilihan  berikut: 

 

2 dari 2 halaman

Salam Cinta yang Fenomenal

Tren berpose salam cinta terkait dengan popularitas band-band K-pop yang semakin mengglobal, dan dipengaruhi oleh media sosial, seperti BTS dan Blackpink misalnya.

Salah seorang selebritas K-pop kenamaan, G-Dragon, mengklaim sebagai yang pertama menemukan gerakan salam cinta, melalui sebuah foto masa kecil yang diunggahnya di Instagram, pada Oktober 2016.

Dalam keterangannya, G-Dragon menulis: "Saya adalah salam cinta yang asli."

Tak lama kemudian, penegasannya ditantang oleh komedian Yang Se Hyung, yang memposting foto-foto masa kecilnya. "Hei, kamu. Saya adalah yang asli!"

Begitu fenomenalnya pose ini, bahkan sarung tangan resmi untuk Olimpiade Musim Dingin 2018 di PyeongChang, memiliki ujung jari yang relevan dengan warna merah, sehingga mencapai efek salam cinta yang maksimal.

Loading
Artikel Selanjutnya
Akhiri KTT, Kim Jong-un dan Moon Jae-in Kunjungi Gunung Sakral Korut
Artikel Selanjutnya
Cerita Megawati Mengenal Super Junior: Iki Opo Toh?