Sukses

Tak Disangka, 6 Makeup Populer Ini Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Kuno

Makeup sendiri memang digunakan untuk menutupi kekurangan pada wajah. Tidak heran jika industri makeup tak ada matinya. Setiap waktu selalu muncul tren terbaru.

Liputan6.com, Jakarta - Di zaman sekarang, hampir semua wanita mengenal makeup. Bahkan hampir semua kaum hawa pasti pernah menggunakan berbagai macam jenis perias wajah ini. Misalnya bedak atau lipstik.

Makeup sendiri memang digunakan untuk menutupi kekurangan pada wajah. Tidak heran jika industri makeup tak ada matinya. Setiap waktu selalu muncul tren terbaru.

Namun, pernahkah Anda menyadari jika makeup sudah ada sejak zaman kuno? Sebagian besar dari kita pasti menyangka kalau makeup baru-baru saja muncul. Namun sebenarnya, makeup sudah ada sejak 10.000 sebelum masehi.

Berikut 6 produk makeup yang sudah ada sejak zaman dahulu kala seperti dikutip dari laman Brilio.net, Senin (20/8/2018):

 

Reporter: Rizky Mandasari

Sumber: Brilio.net

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Eyeshadow

Pada zaman Mesir kuno, eyeshadow terbuat dari bubuk malachite yang diusap pada kelopak mata. Mereka menggiling mineral hijau dan menempelkan ke area mata mereka menggunakan minyak atau lemak hewan.

Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa bubuk malachite juga merupakan cara terbaik untuk melindungi mata dari berbagai infeksi.

3 dari 7 halaman

2. Cat Kuku

Orang China adalah orang pertama yang mulai mewarnai kuku jari mereka. Biasanya, mereka menggunakan gum arabic, beeswax dan putih telur.

Orang-orang kaya biasanya memilih warna merah, emas dan perak pada kuku mereka. Sementara orang kelas bawah tak diperbolehkan mewarnai kuku mereka dengan warna-warna cerah. Sementara itu, orang-orang Romawi kuno menggunakan lemak domba dan darah sebagai cat kuku.

 

4 dari 7 halaman

3. Henna

Henna ternyata juga sangat populer di masa lalu. Henna memang bisa untuk pewarna rambut atau cat kuku. Henna sendiri berfungsi untuk menjaga rambut dan kuku dalam kondisi baik. Ada warna gelap ataupun merah terang.

 

5 dari 7 halaman

4. Eyebrow

Di zaman sekarang, alis punya peran penting dan semua wanita berusaha untuk memiliki yang terindah. Kebiasan menggambar alis ternyata bukan lah hal yang baru.

Pada wanita Yunano kuno, mereka menggunakan bulu sapi untuk mengaplikasikan alis palsu. Unibrow atau alis nyambung pun sempat menjadi tren sehingga baik pria maupun wanita menggunakan bubuk gelap untuk menggambar alis unibrow.

 

6 dari 7 halaman

5. Blush On

Hal lain yang dilakukan wanita Yunani Kuno adalah menggunakan mulberry yang dihancurkan sebagai pemerah pipi.

Mereka mengaplikasikannya di atas wajah mereka yang sudah dipoles. Berry lain juga digunakan untuk memberi efek yang sama, tetapi mulberry adalah favorit banyak wanita karena memberikan warna merona pipi yang alami.

7 dari 7 halaman

6. Eyeliner

Bubuk galena, sekarang lebih dikenal sebagai kohl, biasanya digunakan di sekitar mata mereka di masa lalu. Eyeliner asal Mesir ini dikenal akrena terbuat dari almond yang dibakar. Dan lagi, bukan sekadar estetika semata. Bubuk galena adalah cara yang baik untuk melindungi kulit lembut di sekitar mata dari bahaya sinar matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.