Sukses

HUT ke-73 RI, Menlu AS Mike Pompeo Kirim Ucapan Selamat untuk Rakyat Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memperingati hari kemerdekaannya setiap tanggal 17 Agustus. Umumnya, penduduk di Tanah Air memeriahkannya dengan berbagai macam perlombaan khas daerah masing-masing, selain menggelar upacara bendera. Kebiasaan turun-temurun ini identik dengan lomba makan kerupuk, balap karung, membawa kelereng di sendok, pecah air, hingga panjat pinang.

Menyambut Hari Ulang Tahun ke-73 RI, negara-negara sahabat pun turut merasakan euforianya. Salah satu di antaranya ialah Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, pun memberikan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia mewakili pemerintah negara adidaya tersebut. 

"Atas nama pemerintah Amerika Serikat, suatu kehormatan bagi saya untuk menyampaikan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia yang merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73 pada tanggal 17 Agustus," ujar Mike Pompeo melalui pernyataan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis (16/8/2018).

"Hubungan kita berlandaskan pada kesamaan nilai dan cita-cita demokrasi. Visi bersama ini membentuk dasar dari kemitraan strategis yang kuat antara AS-Indonesia, dan kami juga terpacu dengan kemajuan yang dicapai dari tujuan bersama kita untuk mengembangkan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera. Amerika Serikat menantikan perkembangan dan kemajuan antara kedua negara di tahun mendatang," lanjut Menlu Amerika Serikat ke-70 itu.

"Dari hati yang terdalam, saya mengucapkan selamat kepada Anda atas Hari Kemerdekaan, dan semoga tetap sukses di tahun-tahun yang akan datang," pungkas mantan Direktur CIA tersebut.

Sebelumnya, Mike Pompeo telah berkunjung ke Indonesia pekan lalu, pada Sabtu, 4 Agustus, dalam rangka kunjungan kerjanya ke negara-negara Asia Tenggara. Ia tiba di Jakarta dan langsung menyambangi Kementerian Luar Negeri RI. Selain bertemu dengan Menlu Retno Marsudi, ia juga bersua dengan Presiden Jokowi.

Menurut sebuah sumber, kedua menlu sempat berbincang sesaat terkait pertemuan mereka saat Retno bertandang ke Washington DC, Amerika Serikat pada 5 Juni 2018.

"Kami baru beberapa hari lalu bertemu dan itu adalah pertemuan yang bermanfaat. Kami berbagi pemikiran, semoga ke depannya akan lebih baik," ujar sumber tersebut.

Sementara itu, Retno Marsudi menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Mike Pompeo karena telah memenuhi undangan yang diberikan saat keduanya bertatap muka di Washington DC.

"Kami di ASEAN berterima kasih kepada Pompeo karena sudah bertemu. Tahun depan adalah tahun yang penting untuk kedua negara (AS-Indonesia) karena kita akan merayakan 60 tahun hubungan diplomatik, ada banyak kerjasama yang sudah dibuat," tutur Menlu Retno.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Seksi dan Stylish, Ini Gaya Terbaru Agnez Mo
Artikel Selanjutnya
Ilhan Omar, Muslimah Somalia Pertama yang Siap Jadi Anggota Kongres AS