Sukses

Jangan Takut, Ini 4 Jurus Jitu Lepas dari Lilitan Ular Piton

Liputan6.com, Muna - Belum hilang dari ingatan soal insiden ular piton yang menelan seorang ibu rumah tangga asal Sulawesi Tenggara pada Juni lalu. Jasad wanita bernama Wa Tiba (54) ditemukan warga Desa Persiapan Lawela, Kecamatan Lohia Kabupaten Muna, di dalam perut reptil sepanjang 7 meter tersebut.

Insiden mengenaskan ini pun jadi sorotan media internasional.

Kala itu korban pergi ke kebunnya dan dilaporkan hilang keesokan hari oleh warga setempat. Setelah dilakukan pencarian, rupanya tubuh wanita ini telah dimangsa oleh ular piton.

Insiden itu memicu pertanyaan 'apakah masih bisa selamat jika diserang ular piton?' Jawabannya, masih ada peluang dengan melakukan sejumlah 'jurus' tertentu.

Biasanya reptil itu akan melilit tubuh mangsa hingga tulangnya remuk, barulah disantap. Proses tersebut memakan waktu, dan saat itulah Anda bisa melakukan upaya penyelamatan. Caranya?

Seperti dikutip dari laman Thailandsnakes.com, Senin (6/8/2018), berikut 4 'jurus' jitu agar Anda dapat melepaskan diri dari lilitan ular piton:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 5 halaman

1. Siap Sedia Pisau

Salah satu senjata yang paling efektif untuk melumpuhkan ular piton saat tengah meliliti tubuh Anda adalah dengan senjata tajam. Pisau adalah senjata sederhana yang bisa dibawa saat Anda memasuki hutan.

Caranya, tusuk bagian tubuh ular piton (paling baik di bagian perut) lalu tarik sekuat mungkin sehingga terbelah.

Semakin kencang ular itu melilit tubuh, maka Anda harus lebih kuat untuk melakukannya. Lakukan tusukan dan sobekan dengan pisau itu berkali-kali.

Apabila hal ini telah dilakukan, maka kemungkinan besar ular itu akan melepaskan lilitan dan bahkan meninggalkan tubuh Anda.

 

3 dari 5 halaman

2. Gunakan Benda Tumpul di Sekitarmu

Jika pisau terasa sulit dibawa, maka ada cara lain. Segera ambil benda tumpul apapun yang ada di sekitar untuk melakukan perlawanan.

Baik itu pulpen, tongkat, batu, kayu atau lainnya, semua alat itu bisa melindungi diri dari lilitan piton. Jangan pernah takut untuk menatap mata piton.

Dengan benda tumpul ini maka Anda bisa memukul bagian kepala serta mata piton itu.

4 dari 5 halaman

3. Antiseptik hingga Alkohol

Benda lain yang mampu melepaskan lilitan ular piton dari tubuh Anda adalah cairan antiseptik dan alkohol. Misalnya, cairan kumur-kumur yang biasa Anda gunakan setiap pagi.

Cairan ini akan merusak mata ular piton jika Anda menyemprotkannya secara menyeluruh. Oleh karenanya, selalu simpan cairan itu di saku celana atau baju Anda.

5 dari 5 halaman

4. Gergaji Kecil

Gergaji memang tersedia di toko perkakas. Yang berukuran besar bisa digunakan untuk memotong kayu dan lain-lain.

Namun, Anda perlu tahu bahwa ada gergaji berukuran kecil yang muat di kantong juga bisa menjadi senjata yang ampuh untuk melepaskan lilitan ular piton.

Meski ukurannya hanya 2-3 inchi, benda tajam itu mampu melukai ular piton dan membuat lilitannya meregang. Pada saat itulah Anda bisa menyelamatkan diri. 

Loading
Artikel Selanjutnya
Warga Majene Tangkap Ular Piton Jumbo yang Lemas Usai Mangsa Babi Hutan
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta: Jenazah Terlilit Ular, Azab Orang Tak Pernah Bayar Utang?