Sukses

Demi Misi Penyelamatan di Gua Thailand, Miliarder Elon Musk Tes Kapal Selam Mini

Bertekad bantu menyelamatkan tim sepak bola remaja yang terjebak di gua terlarang Thailand, miliarder Elon Musk lakukan uji coba kapal selam mini.

Liputan6.com, San Fransisco - Miliarder Elon Musk dikabarkan tengah menguji coba "kapal selam ukuran anak-anak", untuk segara dikirim sebagai alat bantu evakuasi bagi tim sepak bola remaja yang terjebak selama belasan hari di dalam gua di utara Thailand.

Dikutip dari VOA Indonesia pada Senin (9/7/2018), uji coba tersebut disiarkan oleh Musk di akun Twitter resminya pada Minggu, 8 Juli 2018. 

Uji coba yang dilakukan di sebuah kolam renang di negara bagian California itu, menunjukkan bahwa kapal selam terbuat dari material alumunium, yang dilengkapi oleh panel kaca akuatik. 

Apabila uji coba itu berhasil, Elon Musk berjanji segera mengirimkan kapal selam tersebut ke Thailand via jalur udara. 

"Saya dapat kabar dari Thailand, bahwa jalur ke dalam gua itu berukuran sangat kecil. Jadi saya ciptakan kapal selam serupa roket Falcon, namun berukuran lebih kecil, yang kiranya mampu membawa mereka keluar satu per satu dari gua itu," tulis Elon Musk dalam unggahannya di Twitter.

Dijelaskan oleh Musk, bahwa proses manufaktur kapal selam itu memakan waktu tidaklebih dari delapan jam, dan akan segera dikirim ke Thailand dalam durasi peenrbangan selama 17 jam.

Setibanya di Thailand, kapal selam mini itu akan dikontrol oleh tim ahli dari SpaceX, yang dikirim langsung oleh Elon Musk, langsung dari California. 

Simak video lainnya di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Empat Orang Berhasil Keluar dengan Selamat

Sementara itu, sebanyak empat bocah yang terjebak di gua terlarang Thailand telah berhasil dikeluarkan dengan selamat pada Minggu, 8 Juli 2018. Mereka keluar beberapa saat setelah matahari terbenam.

Empat orang anak yang selamat, telah dibimbing keluar oleh para penyelam melalui lorong-lorong gelap hingga mulut jaringan ghua Tham Luang. Butuh waktu hingga sekitar dua jam untuk mengeluarkan mereka.

Tim penyelamat memanfaatkan jeda hujan untuk melaksanakan misi penyelamatan lebih awal dari yang direncanakan.

Otoritas Thailand juga menyebut bahwa fase pertama operasi penyelamatan itu berhasil dilakukan lebih cepat dari perkiraan.

Kendati demikian, misi penyelamatan ditunda selama semalam untuk mengganti tanki udara. Keesokan harinya, barulah penyelam memulai kembali operasi berisiko tinggi, untuk mengeluarkan delapan bocah laki-laki yang tersisa bersama pelatih sepak bola mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Thailand
    Negara di Asia yang terkenal dengan kuliner lezat, serta dijuluki negeri gajah putih dan negeri seribu pagoda.

    Thailand

  • Elon Musk adalah salah satu miliarder dunia yang berasal dari AS.

    Elon Musk

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

Video Terkini