Sukses

Agar Tak Mudah Sakit, Coba Konsumsi 6 Benda di Dapur Ini

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca panas kerap membuat daya tahan tubuh (metabolisme) kita menurun. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan makanan dengan nutrisi terbaik untuk menjaganya.

Asupan vitamin C diyakini dapat meningkatkan metabolisme. Maka dari itu tak sedikit orang mencari asupan ini agar tak gampang sakit.

Padahal, ada banyak nutrisi selain vitamin C yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Nutrisi ini berasal dari benda-benda yang ada di dapur Anda dan sangat mudah untuk di dapat.

Seperti dikutip dari laman Wonderslist, Senin (9/7/2018), berikut 6 hal yang dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga membuat Anda tidak mudah sakit:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 7 halaman

1. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan polifenol, antioksidan, dan merupakan salah satu makanan super terbaik yang dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda.

Katekin dan kafein yang ada dalam teh hijau membantu meningkatkan pengeluaran energi dan menghitung penurunan tingkat metabolisme yang mungkin dialami orang selama penurunan berat badan.

Untuk meningkatkan metabolisme Anda, Anda harus mengonsumsi 2-3 cangkir teh hijau setiap hari.

3 dari 7 halaman

2. Lemon

Lemon juga merupakan sumber makanan yang bagus untuk metabolisme tubuh. Buah berwarna kuning ini membantu detoksifikasi hati dan membersihkan sistem pencernaan Anda.

Vitamin C dan enzim yang ada dalam lemon membantu membersihkan racun dari tubuh Anda, dengan mengubahnya menjadi senyawa yang dapat dihilangkan dari sistem menjadi limbah.

Untuk merasakan manfaat dari buah lemon, Anda perlu memeras sarinya dan campurkan dengan segelas air hangat. Minuman ini baik dikonsumsi pada pagi hari untuk peningkatan metabolisme tubuh.

 

4 dari 7 halaman

3. Cabe Rawit

Cabai rawit kaya akan senyawa yang dikenal sebagai capsaicin, yang dapat memiliki efek positif besar pada tingkat metabolisme tubuh Anda.

Capsaicin, dengan sifat termogeniknya, membantu sel-sel Anda mengubah energi menjadi panas. Peningkatan thermogenesis meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh.

Cobalah untuk memasukkan cabe rawit ke dalam menu diet Anda dengan cara apa pun yang Anda bisa, dan nikmati manfaatnya yang sangat besar. Tapi ingat, jangan gunakan cabe rawit dengan kadar yang banyak apabila sedang diet.

 

5 dari 7 halaman

4. Jahe

Makanan super lain yang dapat meningkatkan metabolisme Anda dan yang mudah ditemukan di rumah adalah jahe. Bumbu dapur ini memiliki sifat termogenik dan dapat meningkatkan suhu tubuh.

Peningkatan suhu tubuh ini terhubung ke tingkat metabolisme yang lebih baik. Jahe, sebagai vasodilator, meningkatkan diameter arteri kecil Anda dan juga meningkatkan sirkulasi darah.

Ketika ada aliran darah berjalan baik baik, hal ini dapat meningkatkan suhu tubuh dan meningkatkan metabolisme serta membantu Anda membakar lebih banyak kalori.

6 dari 7 halaman

5. Kayu Manis

Kayu manis adalah bumbu yang bagus untuk penurunan berat badan dan meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Tak hanya rendah kalori, namun juga kaya akan phytochemical dan antioksidan yang meningkatkan laju metabolisme tubuh Anda.

Idealnya, Anda disarankan untuk mengkonsumsi setengah hingga satu sendok teh kayu manis setiap hari selama sekitar 20 hari.

 

7 dari 7 halaman

6. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang luar biasa membantu meningkatkan aktivitas metabolisme dalam tubuh. Ini kaya vitamin C dan kalsium, yang keduanya dikenal membantu meningkatkan metabolisme.

Vitamin C membantu menyerap kalsium dengan cara yang lebih baik dan kalsium bertindak sebagai pemicu untuk meningkatkan metabolisme.

Pastikan Anda menambahkan satu hingga satu setengah cangkir brokoli matang atau mentah ke dalam diet harian Anda, untuk menikmati penurunan berat badan yang lebih baik dan untuk meningkatkan metabolisme.