Sukses

Selain Dieng, Heboh Hujan Salju Juga Terjadi di 2 Lokasi Tak Terduga Ini

Liputan6.com, Riyadh - Suhu yang turun drastis hingga 5 derajat celcius dan tak jua bertiup angin seperti hari-hari biasanya, membuat embun es atau bun upas tebal bak salju kembali muncul turun di Dataran Tinggi Dieng atau Dieng. Setelah sebelumnya muncul pada akhir Dasarian kedua Juni 2018 lalu.

Pembicaraan terkait salju di puncak Dieng pun ramai di media sosial dan bikin heboh. Namun, Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko mengatakan, hal itu tak benar.

"Jadi Dieng itu bukan salju, sekali lagi bukan salju. Dieng itu dataran tinggi. Otomatis suhunya lebih dingin," ungkap Hary.

"Begitu ada aliran masa udara yang dingin kuat dari Australia, embunnya, udara dinginnya lebih rendah lagi. Dan diindikasikan embunnya menjadi beku, jadi bukan es," jelas Hary.

Selain 'salju' tak terduga di Dieng, sejumlah negara di dunia ini juga pernah bikin heboh karena kemunculan bulir putih tersebut. Berikut ulasannya Liputan6.com rangkum dari beragam sumber, Jumat (6/7/2018):

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 3 halaman

1. Gurun Sahara

Salju dilaporkan turun hingga ketebalan 16 inci (40 cm) di kawasan Gurun Sahara setelah sebuah anomali musim dingin terjadi di sana. Dikutip dari laman Daily Mail, Selasa 9 Januari 2018, ini merupakan kali ketiga dalam 37 tahun terakhir wilayah Kota Ain Sefra di Aljazair mengalami hujan salju di atas pasir gurun.

Anomali salju tersebut dikabarkan muncul tiba-tiba pada Minggu pagi. Suhu gurun yang lebih dingin pada bulan Januari membuat salju mengendap cukup tebal di gundukan pasirnya. Sementara di pusat kota, salju tampak terlihat hanya setinggi 1 hingga 2 inci, dan seketika mencari kurang dari 24 jam.

Karim Bouchetata, seorang fotografer profesional yang tengah berada di lokasi, mengaku terkejut melihat fenomena salju tersebut dan mengabadikan melalui lensa kameranya.

"Kami di sini sangat terkejut melihat salju di pagi hari, dan itu bertahan hingga sepanjang hari hingga mulai meleleh pada pukul lima sore," jelas Bouchetata.

3 dari 3 halaman

2. Salju di Arab Saudi

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar kata Arab Saudi. Sebagian dari Anda tentu menilai negara ini punya suhu yang sangat panas dan gurun yang tandus.

Rasanya mustahil apabila akan ada salju yang turun. Jangankan salju, hujan saja terbilang jarang terjadi.

Namun, baru-baru ini pengguna media sosial dibuat geger dengan temuan salju yang turun di Arab Saudi bagian utara pada Sabtu, 27 Januari 2018.

Sebuah video menunjukkan ada tumpukan salju putih yang tersebar luas. Dalam video itu pula tergambar kegembiraan beberapa orang yang merasa terhibur saat salju turun, demikian dikutip dari laman Haaretz.com, Senin 29 Januari 2018.

Tak hanya di wilayah Arab Saudi, sebuah daerah di Lebanon pun juga tak luput dari salju.

Salju yang turun di wilayah itupun dilaporkan menyebabkan tragedi bagi pengungsi Suriah yang berusaha menyeberang ke Lebanon.

Loading
Artikel Selanjutnya
Harga Minyak Melambung Usai Kilang Minyak Arab Saudi Diserang Houthi
Artikel Selanjutnya
Fasilitas Minyaknya Diserang Houthi, Putra Mahkota Saudi: Kami Bisa Membalas