Sukses

Kisah Tragis di Balik Nama Anak Ketiga Pangeran William dan Kate Middleton

Nama anak ketiga Pangeran William dan Kate Middleton, Prince Louis of Cambridge, punya kaitan sejarah dengan salah satu sosok pemberani di Kerajaan Inggris.

Liputan6.com, London - Khalayak luas telah merayakan dengan sukacita kelahiran anak ketiga Pangeran William dan Kate Middleton, yang diberi nama Pangeran Louis Arthur Charles.

Pada hari Jumat, 27 April 2018, Kensington Palace mengumumkan bahwa anggota baru keluarga Kerajaan Inggris itu kelak diberi gelar His Royal Highness Prince Louis of Cambridge.

Dikutip dari Time.com pada Minggu (29/3/2018), muncul perbincangan tentang latar belakang penamaan Louis, yang disebut memiliki latar belakang kisah yang menyedihkan.

Kemungkinan besar pemilihan nama bayi tersebut terinspirasi oleh Lord Louis Mountbatten, nama paman dari Pangeran Charles yang dibunuh oleh Tentara Republik Irlandia (IRA) pada 1979.

Louis Mountbatten--cicit dari Ratu Victoria--adalah seorang perwira Angkatan Laut Kerajaan Inggris yang pernah bertempur di Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Ia diketahui menjadi kapten kapal perusak H.M.S. Kelly yang tenggelam di lepas pantai Jerman, akibat diserang torpedo Nazi pada 1941. Pascaserangan tersebut, ia dan sebagian awaknya yang selamat, berikrar akan tetap berada di garis terdepan untuk melindungi Inggris.

 

Atas kegigihannya, majalah TIME sempat memuat foto wajahnya di halaman sampul salah satu edisi yang terbit pada 1942 silam.

Setahun kemudian, ia justru dikecam karena memimpin serangan brutal ke Kota Dieppe di Prancis utara, yang mencoreng wibawanya sebagai pemimpin. Meski begitu, Perdana Menteri Winston Churchill tetap menunjuknya untuk memimpin invasi D-Day yang bersejarah pada Juni 1944.

Louis Mountbatten meninggal pada usia 79, ketika IRA meledakkan bom yang terpasang di kapal layarnya pada Agustus 1979. Tiga orang lainnya turut tewas dalam serangan itu, termasuk cucunya yang berusia 14 tahun, Nicholas Knatchbull.

"Baik ketika memimpin operasi perusak di tengah pertempuran Perang Dunia II, atau kemudian mewakili Inggris dalam gelombang kemerdekaan India, Mountbatten telah mengakumulasi kemenangan publik yang tampaknya ajaib," tulis TIME dalam obituari sang perwira angkatan laut.

Sosok Lord Mountbatten baru-baru ini kembali dihidupkan dalam serial televisi Netflix, The Crown, yang diperankan oleh aktor Inggris, Greg Wise.

Menariknya, nama Louis juga memiliki keterkaitan lain dalam sejarah Kerajaan Inggris. Kakek sang bayi, Pangeran Phillip, merupakan anak dari bangsawan Denmark bergelar Prince Louis from Battenberg.

 

Simak video pilihan berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tampil Prima Setelah Melahirkan

Kate Middleton benar-benar membuat para ibu muda terheran-heran. Sebab, istri dari Pangeran William tersebut tak terlihat habis seperti melahirkan pada Senin, 23 April 2018.

Ketika Kate melangkahkan kaki ke luar rumah sakit bersama sang suami dan menggendong bayinya, para ibu secara bersamaan berpikir, bagaimana itu semua bisa terjadi.

Kate Middleton keluar dari St Mary Hospital, London, pada jam enam sore waktu setempat-- tujuh jam pascamelahirkan pukul 11.00 pagi.

Ia tampak segar seperti tidak telah melahirkan. Ia tersenyum lepas dan menyapa awak media yang sudah menunggu sejak lama.

Padahal, para ibu muda membayangkan jika kondisi mereka akan kembali pulih setelah satu atau dua hari istirahat. Ditambah lagi kondisi Kate Middleton yang sempat mengalami morning sickness atau hiperemesis gravidarum.

Hiperemesis gravidarum adalah kondisi mual dan muntah berlebihan pada wanita hamil sampai mengganggu pekerjaan sehari-hari. Hal ini juga dapat berakibat buruk karena dapat menimbulkan dehidrasi.

Dengan tampilannya yang begitu memukau di depan awak media, banyak pula yang meyakini jika Kate Middleton harus menjalani sejumlah tahapan.

Mulai dari memilih baju, merapikan rambut, menghias kuku bahkan mewarnai bibirnya. Tentu hal ini cukup memakan waktu, padahal rentang ia melahirkan melahirkan hingga tampil di hadapan publik hanya tujuh jam.

Hal lain yang bikin iri para ibu adalah bentuk tubuh Kate Middleton yang sama sekali tidak berubah, bahkan kakinya tidak sama sekali bengkak--masalah yang kerap dialami oleh ibu yang baru melahirkan.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh pihak istana pada hari sebelumnya di Twitter, pascamelahirkan Kate Middleton dinyatakan sehat begitu pula dengan anak ketiganya.

Kelahiran anak pasangan kerajaan Inggris ini akan menjadi garis suksesi yang kelima setelah Pangeran Charles, Pangeran William, Pangeran George dan Putri Charlotte. Dalam keterangan di Twitter, bayi laki-laki itu disebutkan memiliki berat 3,8 kilogram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.