Sukses

Lionel Messi Ditunjuk Jadi Duta PBB untuk Pariwisata

Selain Lionel Messi, sejumlah tokoh sepak bola lain juga ditunjuk Organisasi Pariwisata Dunia sebagai Duta PBB untuk Pariwisata Bertanggung Jawab.

Liputan6.com, Madrid - Deretan prestasi yang ditorehkan Lionel Messi (30) tak diragukan lagi menjadikannya sebagai salah satu pesepak bola terhebat di planet ini. Belum lama, bintang kelahiran Rosario, Argentina, itu dinobatkan pula sebagai Duta UNWTO untuk Pariwisata Bertanggung Jawab.

UNWTO adalah salah satu badan PBB yang menangani masalah pariwisata.

Seperti dilansir Asiancorrespondent.com yang mengutip dari Travel Wire Asia, Rabu (11/4/2018), Lionel Messi ditunjuk langsung menjadi Duta UNWTO untuk Pariwisata Bertanggung Jawab oleh Sekjen UNWTO Zurab Pololikashvili usai laga Barcelona - Leganés di Barcelona pada akhir pekan lalu.

"Messi merupakan olahragawan yang unik dan sebuah contoh bagaimana kemauan dan kerja yang konstan menghasilkan sesuatu yang baik. Merupakan kehormatan besar atas bergabungnya Messi dan sejumlah tokoh lainnya di UNWTO untuk mempromosikan nilai-nilai positif dan manfaat dari pariwisata ini," ujar Pololikashvili.

Bersama UNWTO, Lionel Messi akan mempromosikan nilai pariwisata yang bertanggung jawab, yang oleh PBB didefinisikan sebagai pariwisata yang "membantu memaksimalkan manfaat sektor (pariwisata) sambil meminimalisasi dampak negatifnya terhadap lingkungan, warisan budaya, dan masyarakat di seluruh dunia".

Kebutuhan akan pariwisata yang berkelanjutan dan bertanggung jawab telah menjadi fokus negara-negara di seluruh dunia, menyusul sejumlah isu yang muncul dalam sektor ini. Seperti sejumlah destinasi wisata dunia di Thailand yang kelebihan pengunjung (overtourism) atau anak-anak yatim piatu di Kamboja yang dieksploitasi melalui "voluntourism", yaitu jalan-jalan yang diselipi dengan kegiatan sosial.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Positif Lionel Messi

Penobatan sebagai Duta UNWTO untuk Pariwisata Bertanggung Jawab disambut baik oleh Lionel Messi.

"Selama bepergian, saya berkesempatan mengenali budaya dan masyarakat lain serta cara pandang lain untuk melihat dunia dan ini sangat memperkaya pengalaman saya," kata Messi.

"Organisasi Pariwisata Dunia sebagai badan khusus PBB yang bekerja untuk membuat pariwisata sebagai sumber pembangunan, dan saya senang bergabung dengan misi ini untuk mempromosikan pariwisata yang bertanggung jawab," imbuhnya.

Messi bukanlah satu-satunya publik figur yang mengemban tugas ini. Pada Februari 2018, eks pesepak bola Spanyol yang kini jadi pelatih, Fernando Hierro, juga dinobatkan sebagai Duta Besar untuk Pariwisata Bertanggung Jawab.

"Sebagai turis, masing-masing dari kita dapat mengubah dunia jika kita bertindak secara bertanggung jawab atas tempat, masyarakat, dan budaya yang kita kunjungi. Saya merasa menjadi bagian dari tim ini dan saya mendukung Organisasi Pariwisata Dunia dalam upaya untuk memastikan bahwa pariwisata bermanfaat bagi semua orang," kata Hierro setelah menerima amanah dari Pololikashvili.

Selain Hierro, pelatih sepak bola Spanyol, Vicente del Bosque, juga ditunjuk menjadi Duta Besar untuk Pariwisata Bertanggung Jawab. Tak hanya olahragawan, posisi yang sama juga diisi oleh sejumlah Menteri Pariwisata dan pemangku kepentingan. Menariknya, karakter kucing lucu, Hello Kitty, juga jadi bagian dari kampanye ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.