Sukses

Rendang Crispy Ternyata Bisa Diwujudkan, Seperti Ini Penampakannya!

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Ketika banyak orang tersulut emosi oleh isu 'rendang crispy', seorang koki di Malaysia justru merealisasikan hal kontroversial itu.

Seperti diketahui, isu rendang crispy mencuat setelah salah seorang juri Master Chef edisi Inggris, menyebut rendang ayam -- yang dimasak oleh kontestan bernama Zaleha -- seharusnya bertekstur crispy di bagian kulit.

Kritik tersebut, sebagaimana dikutip dari Asia One pada Minggu (8/4/2018), membuat Zaleha tersingkir dari babak perempat final, dan memicu kemarahan meluas di kalangan warganet di Malaysia, Singapura, dan juga Indonesia.

Namun, berkebalikan dengan itu semua, seorang koki asal Malaysia bernama Yenny Law, tertantang untuk mewujudkan sajian rendang crispy.

Dalam unggahannya di Facebook, ia menunjukkan sebuah piring besar, yang di atasnya ditempatkan dua potong ayam goreng bagian paha, dengan siraman saus rendang -- lebih tepatnya kalio, karena masih berakarakter kental.

 

 

"Ini dia 'MASTERCHEF, (inilah) jenis ayam rendang crispy yang menjadi kenyataan," tulis Yenni dalam unggahannya pada hari Rabu, 4 April 2018.

Yenny yang mengepalai sebuah restoran di pusat Kuala Lumpur, turut mengolok-olok Gregg Wallace -- juri Master Chef edisi Inggris -- yang mendapat kecaman karena menyebut rendang ayam pada nasi lemak ‘kurang renyah’.

Unggahan cerdas itu berhasil mengumpulkan lebih dari 200 tanda suka (likes), dengan banyak warganet meminta Law untuk membagikan resepnya.

 

 

Menanggapi rasa penasaran warganet, Yenny pun membagikan resep masakan unik tersebut di unggahan lainnya di keesokan hari, dan juga berhasil menarik perhatian ratusan warganet.

Dengan viralnya unggahan resep rendang crispy kreasi Yenny Law, banyak warganet yang bependapat bahwa sajain tersebut akan menjadi tren makanan berikutnya.

 

 

Simak video pilihan berikut:

 

2 dari 2 halaman

Kronologi Munculnya Isu Rendang Crispy

Para warganet di Malaysia dan Indonesia bersahutan memprotes komentar juri pada salah satu episode ajang lomba masak Master Chef edisi Inggris.

Dalam episode tersebut, rendang ayam -- yang menjadi pelengkap sajian nasi lemak -- milik salah seorang peserta, Zaleha Kadir Olpin, dinilai kurang renyah oleh juri.

Akibatnya, nilai yang telah dikumpulkan Zaleha pun berkurang, yang membuatnya tersingkir dari babak perempat final.

Dikutip dari Asia One pada Selasa, 3 April 2018, Zaleha sengaja memasak sajian nasi lemak sebagai jawaban atas tantangan memasak hidangan yang mengingatkan tentang memori indah.

Nasi lemak, menurut Zaleha, selalu mengingatkan momen masa kecilnya, saat masih tinggal di sebuah kota di negara bagian Kelantan, Malaysia.

Zaleha pun berusaha menyajikan nasi lemak terbaiknya, yang ditempatkan di atas piring besar, dengan menu pendamping yang terdiri dari rendang ayam, udang bumbu sambal, telur dadar, ikan teri, kacang tanah, dan irisan mentimun.  

Namun setelah mencicipi, salah seorang juri lainnya, Gregg Wallace, justru mengkritik rendang ayam buatan Zaleha, tidak cukup renyah pada kulit ayamnya.

Hal itu, menurut Wallace, mengurangi kekhasan nasi lemak yang menjadi sajian nasional Malaysia. 

Zaleha tampak sangat kecewa mendengar komentar itu, dan kemudian terdengar mengatakan dirinya 'patah hati' saat melepas celemeknya setelah eliminasi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Memanfaatkan Isu Rendang Crispy, Iklan Ayam Goreng di Malaysia Ini Tuai Pujian
Artikel Selanjutnya
Kritik Rendang Crispy, Najib Razak dan Mahathir Mohamad Satu Suara