Sukses

5 Pertanyaan Penumpang yang Kerap Bikin Pramugari Jengkel

Liputan6.com, Jakarta - Dalam setiap penerbangan baik domestik maupun internasional, pasti selalu ada awak kabin atau pramugari di dalam pesawat.

Mereka yang bekerja sebagai pramugari akan membantu penumpang mulai dari memberi instruksi hingga menyediakan makanan bagi penumpang.

Bekerja sebagai awak kabin tidaklah mudah. Ada banyak tantangan yang harus mereka hadapi, dan tak melulu pada masalah teknis saja.

Tingkah para penumpang yang kadang suka membuat jengkel kerap dialami oleh mereka. Kendati demikian seorang pramugari harus punya cara untuk menanggapi tingkah dari para konsumen.

Sebagai penumpang, kita patut mengerti kondisi mereka sebagai asisten di pesawat. Meski para pramugari ditugaskan untuk menolong dan membuat perjalanan penumpang nyaman, ada baiknya kita juga harus menjaga sikap.

Pertanyaan dan permintaan aneh kerap mereka dapatkan. Jadi jangan sekali-kali bertanya seputar ini. Seperti dikutip dari laman cheatsheet.com, Kamis (5/4/2018), berikut 5 pertanyaan yang jangan sekali-kali Anda tanyakan pada pramugari:

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 6 halaman

1. Bisakah Anda Menyuruh Seseorang Menukar Kursi dengan Saya?

Ketika bepergian dengan pesawat, sebagian dari Anda ada yang tidak menyukai orang lain yang persis duduk di bangku sebelah. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi hal itu.

Mulai dari bau badan, parfum yang tidak enak hingga suara yang bising. Tetapi, jangan sekali-kali Anda meminta seorang pramugari untuk memindahkan orang itu.

Sebab, mereka tidak bisa melakukannya. Petugas penerbangan tidak dapat memaksa siapapun untuk mengganti tempat duduknya.

Apabila Anda terus memaksa pramugari untuk melakukan hal tersebut, maka bisa jadi awak kabin akan jengkel terhadap Anda.

3 dari 6 halaman

2. Bisakah Anda Minum Sejenak dengan Saya?

Pramugari akan selalu bersikap baik pada Anda. Jika Anda mengalami masalah, sebisa mungkin akan mereka bantu. Namun, jangan sekali-kali menggodanya.

Sebab, mereka tak punya waktu untuk meladeni Anda secara pribadi. Salah satu contoh tindakan yang dinilai kurang ajar adalah mengajak mereka untuk minum alkohol.

Pramugari ataupun seorang pilot tak diizinkan duduk dan minum bersama penumpang. Mereka juga tak diperbolehkan sama sekali minum alkohol saat bekerja.

4 dari 6 halaman

3. Bolehkah Saya Memberi Anda Nomor Telepon?

Tindakan kurang ajar lainnya yang tidak disukai oleh seorang pramugari adalah ketika Anda sibuk mencampurkan urusan pribadi.

Meminta atau memberi nomor telepon dengan maksud ingin melakukan personal contact merupakan tindakan di luar profesionalitas kerja.

Maka dari itu, jangan meminta macam-macam pada seorang pramugari. Sebab ini akan mengganggu konsentrasi kerjanya.

5 dari 6 halaman

4. Bolehkah Saya Melihat Kondisi Dapur?

Dapur di pesawat adalah ruangan yang hanya bisa diakses oleh para pekerja. Penumpang sama sekali tak bisa masuk ke area tersebut.

Jika Anda membutuhkan sesuatu seperti air minum, maka jangan pernah memaksa diri untuk masuk ke sana. Panggil saja pramugari dan ceritakan hal yang Anda butuhkan.

Selain tidak boleh masuk, Anda juga dilarang untuk mendekat atau berdiri di pintu masuk dapur.

6 dari 6 halaman

5. Dapatkah Anda Menjaga Anak Saya Sejenak?

Pramugari adalah pramugari, bukan seorang babysitter. Jika Anda bepergian dengan anak-anak maka itu adalah tanggungjawab Anda dan bukan pramugari.

Salah satu contoh adalah ketika anak Anda hendak pergi ke kamar kecil. Untuk mengantarkannya, Anda harus melakukannya sendiri.

Jangan meminta bantuan pada seorang pramugari untuk menemaninya ke kamar mandi. Pastikan Anda bepergian dengan anggota keluarga lain sehingga dapat bergantian menjaga anak.

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Fakta Pelaporan Pramugari Garuda Indonesia Siwi Widi
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: Pria Berotot dan 3 Tipe Penumpang yang Jadi Perhatian Utama Pramugari