Sukses

Stasiun Angkasa Luar China Tiangong-1 Akan Jatuh ke Bumi Akhir Pekan Ini

Para ahli memberi peringatan terkait kemungkinan sisa-sisa pecahan Stasiun Angkasa Luar China Tiangong-1 akan jatuh kawasan padat penduduk, meski probabilitasnya kecil.

Liputan6.com, London - Stasiun Angkasa Luar China, Tiangong-1, dipastikan jatuh ke Bumi pada akhir pekan ini.

Dengan panjang lebih dari 10 meter dan berat lebih dari 8 ton, Tiangong-1 lebih besar dari sebagian besar benda buatan manusia yang secara rutin masuk kembali ke atmosfer Bumi.

China telah kehilangan semua komunikasi dengan stasiun itu. Dengan demikian, jatuhnya sang 'Istana Surgawi'--demikian arti dari Tiangong--tidak akan terkontrol.

Namun, para ahli mengatakan ada risiko--meski sangat rendah--bahwa setiap bagian Tiangong yang tidak terbakar akan menghantam daerah padat penduduk.

"Mengingat Tiangong-1 memiliki massa yang lebih besar dan lebih kuat dibanding banyak objek ruang angkasa lain jatuh tidak terkendali ke Bumi dari ruang angkasa, pecahan satelit itu adalah menjadi perhatian," jelas Richard Crowther, Kepala Insinyur Lembaga Angkasa Inggris, seperti dikutip dari BBC Jumat (30/3/2018).

"Mayoritas satelit itu dapat diperkirakan akan terbakar selama masuk ke atmosfer Bumi dengan kemungkinan terbesar adalah bahwa setiap pecahan yang selamat akan jatuh ke laut," katanya.

Diluncurkan pada tahun 2011 dan dikunjungi oleh enam astronot China, Tiangong seharusnya kembali ke Bumi secara terencana, yakni dengan menggunakan pendorongnya menuju zona terpencil di Samudra Selatan yang juga dikenal Samudra Antartika. Tetapi, semua tautan perintah tiba-tiba hilang pada tahun 2016, dan sekarang tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengarahkan ke mana sang Istana Surgawi itu jatuh.

Tiga belas lembaga antariksa di bawah pimpinan Badan Antariksa Eropa kini mengikuti jejak Tiangong di seluruh dunia, memodelkan perilakunya saat ia turun lebih dalam ke atmosfer.

Kelompok tersebut, yang dikenal sebagai Komite Koordinasi Antariksa Angkasa Antar-Badan (IADC), mencoba memperkirakan waktu dan tempat yang paling mungkin Tiangong-1 jatuh. 

Banyak ketidakpastian terkait hal tersebut. Itu berarti pernyataan definitif hanya dapat dilakukan mendekati akhir perjalanan Tiangong-1.

"Kepastian jatuhnya Tiangong kemungkinan satu jam sebelumnya. Dan satu jam berarti hampir satu revolusi di sekitar Bumi," kata Holger Krag, kepala kantor puing-puing ruang Esa.

Sejauh ini apa yang bisa dikatakan dengan pasti adalah tidak ada yang akan jatuh di luar 43 derajat dari Khatulistiwa, Lintang Utara atau Lintang Selatan. Mencakup wilayah Mediterania hingga Tasmania.

Perkiraan itu didapat dari tempat pertama kali Tiangong diluncurkan.

China memiliki fasilitas pelacakan nasional yang terbatas di seluruh dunia. Jadi, tidak punya pilihan selain menjaga kejatuhan Tiangong-1 di jalur Khatulistiwa dengan cukup ketat.

Meskipun sekitar 5,2 miliar orang tinggal di zona re-entry (area di mana benda angkasa bisa mencapai atmosfer Bumi), sebagian besar adalah laut, yang menjelaskan probabilitas tinggi bahwa setiap puing yang bertahan di permukaan akan menghantam air.

"Kami tahu dari kejadian serupa yang rata-rata antara 20% dan 40% dari massa awal memiliki kesempatan untuk bertahan hidup saat re-entri," ucap Krag. 

"Kita bisa menerapkan aturan ini untuk Tiangong," lanjutnya.

"Jadi itu berarti antara 1,5 ton dan 3,5 ton yang akan jatuh ke bumi, sisanya terbakar saat re-entry," katanya menerangkan tentang kemungkinan jatuhnya Tiangong-1.

Komponen-komponen yang paling sering tidak terbakar di atmosfer adalah tangki. Benda-benda ini adalah interior ke pesawat ruang angkasa dan dilindungi.

Tapi mereka juga terbuat dari baja, titanium atau plastik yang diperkuat karbon dan bahan-bahan yang umumnya lebih tahan terhadap suhu tinggi jika mereka menjadi terekspos. Dengan demikian, kemungkinan benda itu yang akan bertahan saat Tiangong-1 masuk kembali ke Bumi.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Benda Angkasa Terbesar yang Jatuh ke Bumi?

Tiangong tergolong objek berukuran besar yang masuk ke atmosfer bumi secara tidak terkendali, tetapi secara historis bukanlah yang terbesar.

Skylab milik badan luar angkasa AS hampir 80 ton massa ketika kembali ke Bumi dengan tidak terkendali pada tahun 1979.

Bagian-bagian pecahan Skylab jatuh ke Australia Barat, tetapi tidak seorang pun terluka.

Pesawat ulang-alik Columbia NASA juga digolongkan sebagai objek masuk ke Bumi yang tidak terkendali. Massa-nya lebih dari 100 ton ketika benda itu menghujam ke Bumi secara tragis dari orbit pada tahun 2003.

Sekali lagi, tak seorang pun di Bumi terkena puing-puing yang tersebar di seluruh negara bagian Texas dan Louisiana.

Jonathan McDowell dari Pusat Harvard-Smithsonian untuk Astrofisika, menganggap Tiangong hanya salah satu dari 50 objek yang paling besar jatuh ke Bumi tanpa kendali.

Tiongkok sudah meluncurkan lab kedua, Tiangong-2, yang masih beroperasi hingga kini. Stasiun itu dikunjungi oleh pesawat kargo luar angkasa Tianzhou-1 untuk mengisi bahan bakar tahun 2017 lalu.

Tiangong disiapkan untuk mendemonstrasikan kemampuan pertemuan dan peredaran orbital - menjadi contoh untuk tempat melatih aktivitas di stasiun angkasa luar China yang lebih permanen.

Fasilitas ini, yang diharapkan terdiri dari modul inti besar dan dua modul tambahan yang lebih kecil, akan beroperasi pada awal dekade mendatang.

Roket baru, Long March 5, baru-baru ini diperkenalkan untuk melakukan pengangkatan berat yang akan diperlukan untuk meletakkan modul inti di orbit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.