Sukses

Nama Spesies Ngengat Baru Ini Terinspirasi Donald Trump

Terinspirasi oleh sosok Presiden Donald Trump, spesies ngengat baru ini diberikan nama unik yang menyita perhatian publik.

Liputan6.com, Baja, Meksiko - Seorang ahli biologi evolusi berkebangsaan Amerika Serikat (AS), Vazrick Nazari, berhasil mengidentifikasi jenis ngengat mungil baru. Menariknya, penamaannya terinspirasi oleh sosok Presiden Negeri Paman Sam ke-45, Donald Trump. 

Dalam telaah temuan yang dimuat di jurnal ZooKeys, ngengat tersebut digambarkan memiliki kepala halus dengan sisik kuning cerah. Demikian dilansir dari Indy100.co.uk pada Kamis (29/3/2018).

Ketika dewasa, bentuk kepala ngengat ini akan berubah menjadi semacam mozaik dengan dominasi warna oranye-kuning. Adapun tubuhnya akan berubah warna putih dengan disertai sayap berwarna cokelat atau keabu-abuan.

Jika dilihat sekilas, penampakan ngengat ini mirip dengan tampilan wajah sang presiden. 

 

Fakta unik tersebut membuat penelitinya yakin memberi nama yang cukup menyita perhatian, yakni Neopalpa donaldtrumpi. Penamaan tersebut didasarkan pada karakteristik rambut pirang dan genital kecil, yang beberapa tahun sebelumnya, sempat membuat Donald Trump "mengomel" di Twitter.

Selain itu, temuan penting lainnya adalah ukuran alat kelaminnya, yang lebih kecil dibandingkan kerabat terdekatnya, Neopalpa neonata.

Ngengat dengan nama yang terinspirasi Donald Trump itu ditemukan di Meksiko, ketika peneliti yang terlibat di dalamnya melakukan penelitian biologi di kawasan hutan subtropis di Semenanjung Baja California.

"Ekosistem ini masih mengandung banyak spesies yang belum ditemukan dan belum dideskripsikan, dan layak untuk dilindungi untuk generasi mendatang," ujar Nazari mengatakan pada situs Live Science.

 

Simak video tentang penemuan fosil hewan purba di Ngawi berikut: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menjadi Bahan Lelucon Warganet

Sementara itu, warganet yang mengetahui temuan unik, langsung bereaksi, dengan mayoritas menjadikannya lelucon.

Di Twitter, banyak yang berkicau bahwa penamaan tersebut merupakan "karma" bagi Presiden Donald Trump, yang kerap memicu kecaman masyarakat Meksiko karena beberapa kebijakan kontroversialnya, seperti pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko.

"Ngengat mini yang hidup di perbatasan AS Meksiko, terbang berputar-putar ketika stres, dinamai Trump," kicau Mary Mooney di Twitter.

Warganet lainnya, Limsky, berkicau sebagai berikut: "Ngengat itu akan membuat Amerika hebat suatu hari nanti..."

Hingga saat ini, tidak ada komentar apa pun dari Presiden Donald Trump. Jika pun nanti dia bereaksi, mungkin ia hanya akan menganggapnya sebagai lelucon.

Sepertinya Presiden Donald Trump tidak ingin mengurusi masalah selain membuat Amerika berjaya lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.