Sukses

Penasihat Keamanan Donald Trump yang Baru: Jika Mau Damai, Bersiaplah Perang

John Bolton, mantan duta besar AS untuk PBB, membuat komentar itu hanya beberapa jam setelah ditunjuk untuk berperan melalui tweet dari Presiden Trump.

Liputan6.com, Washington, DC - Penasihat Kepresidenan Bidang Keamanan Nasional Amerika Serikat yang baru ditunjuk oleh Presiden AS Donald Trump sudah mengeluarkan pernyataan kontroversial -- hanya beberapa jam berselang namanya diumumkan untuk mengisi posisi itu.

Sang penasihat yang baru, John Bolton mengatakan, Amerika Serikat harus "bersiap untuk perang" guna mengamankan perdamaian. Ia juga mengisyaratkan tanda-tanda kemunculan kebijakan luar negeri AS yang lebih keras dalam waktu dekat.

John Bolton, mantan duta besar AS untuk PBB, membuat komentar itu hanya beberapa jam setelah ditunjuk untuk mengisi peran Penasihat Kepresidenan lewat Tweet dari Presiden Trump.

"Cara paling pasti untuk menghindari konflik adalah memiliki kemampuan militer yang kuat," kata Bolton kepada Sky News, seperti dikutip dari Telegraph pada Senin (26/3/2018).

"Seperti yang dulu dikatakan orang Romawi Kuno: Si vis pacem, para bellum - jika Anda ingin kedamaian, bersiaplah untuk perang."

Bolton akan menggantikan HR McMaster, seorang pensiunan jenderal, pada tanggal 9 April nanti. Penunjukkan Bolton menjadikan pria itu sebagai penasihat keamanan nasional ketiga Trump dalam 14 bulan.

Pernah bertugas di PBB di bawah Presiden George W Bush, Bolton dikenal karena pandangan kebijakan luar negerinya yang agresif dan pendekatan tanpa basa-basi untuk diplomasi.

Pria berusia 69 tahun itu juga mengatakan, serangan pencegahan terhadap Korea Utara akan dinilai sah dan mengecilkan peluang pembicaraan menjadi sukses.

Ia juga merupakan lawan sengit dari kesepakatan nuklir Iran dan telah menyarankan "perubahan rezim" harus menjadi tujuan Amerika.

Sikap-sikap itu secara luas sejalan dengan pandangan presiden, tetapi ada juga perbedaannya. Bolton mendukung sanksi hukuman terhadap Rusia dan yakin Perang Irak dibenarkan, tidak seperti Donald Trump.

Senat Tak Sependapat

Penunjukannya membuat Washington terbagi, Demokrat mengecap Bolton sebagai penghasut dan Republik setuju dengan pengalaman luar negerinya.

Christopher Murphy, Senator Demokrat untuk Connecticut, mengatakan, "Dia akan menjadi orang pertama yang percaya AS harus lebih menyerang Iran dan Korea Utara lebih dahulu tanpa persetujuan Kongres. Demi Tuhan!"

Namun Lindsey Graham, Senator Partai Republik dari South Carolina, mengatakan, "Memilih John Bolton sebagai penasihat keamanan nasional adalah kabar baik bagi sekutu Amerika dan kabar buruk bagi musuh Amerika."

Keputusan Donald Trump untuk menggulingkan HR McMaster datang setelah berminggu-minggu ketegangan tumbuh dan di tengah laporan pasangan itu memiliki hubungan pribadi yang bermasalah serta perbedaan kebijakan.

The Washington Post melaporkan bahwa presiden menemukan cara McMaster untuk berkelit dalam setiap pertemuan. The Post menulis bahwa McMaster kerap berpura-pura memahami masalah yang disampaikan dalam setiap pertemuan hanya "untuk membuat Trump berhenti berbicara".

"Saya sangat berterima kasih atas pengabdian Jenderal HR McMaster, yang telah melakukan pekerjaan luar biasa dan akan selalu menjadi teman saya," kata Trump dan cuitan di Twitter, Kamis 22 Maret 2018 seperti dikutip dari VOAIndonesia.

Bolton saat ini adalah analis Fox News. Sosok pilihan Donald Trump itu punya reputasi sebagai tokoh konservatif yang berbicara keras dan mendukung aksi militer terhadap Iran dan Korea Utara dan telah mengambil sikap garis keras terhadap Rusia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berpandangan Lebih Keras daripada Donald Trump 

Kisah tentang sepak terjang Bolton di bawah Bush telah muncul kembali ketika debat sengit pecah tentang dampak yang akan dia hadapi terhadap arah kebijakan luar negeri AS di bawah Trump.

Penunjukan Bolton sebagai Duta Besar AS untuk PBB pada 2005 ditolak oleh Senat -- seorang mantan pejabat pernah menyebut dia sebagai "pria yang suka menjilat, menendang-nendang" -- tetapi didukung oleh Bush.

Namun, hubungan 'mesra' Bush dan Bolton kandas setelah Bush menyebut Bolton sebagai tidak "kredibel".

Tugas Bolton di PBB, yang berlangsung sedikit lebih dari setahun, melihat bentrokan berulang dengan para diplomat asing dan keengganan untuk memberikan dasar dalam negosiasi.

Dia pernah berkata tentang markas besar 38 lantai PBB di New York, "Jika kehilangan 10 cerita, itu tidak akan membuat perbedaan sedikit pun."

Bolton, yang belajar hukum di Universitas Yale, juga menawarkan sedikit pandangannya dalam judul memoarnya: “Surrender Is Not an Option”.

Kelompok garis keras Republik juga memiliki hubungan dengan Konservatif senior di Inggris. Dia telah mengunjungi konferensi tahunan partai dan mengenal Liam Fox, Sekretaris Pembangunan Internasional.

Luke Coffey, direktur kebijakan luar negeri untuk lembaga think-tank Heritage, mengatakan kepada The Telegraph bahwa penunjukan itu dapat menguntungkan Inggris.

"Saya pikir itu akan sangat positif bagi Inggris, terutama pada saat ini Brexit," kata Coffey, yang pernah menjadi penasihat untuk Fox.

"Bolton telah menyatakan keprihatinannya tentang Uni Eropa. Dia sangat Eurosceptic dan pendukung Brexit. ”

Komentar-komentar terakhir Bolton tentang kebijakan, paling tidak Korea Utara dan Iran, kadang-kadang bahkan lebih keras daripada pandangan-pandangan Trump.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini