Sukses

PM Ganteng Kanada Diklaim sebagai Anak Diktator Kuba Fidel Castro, Benarkah?

Liputan6.com, Ottawa - Beberapa pekan lalu, mencuat dugaan yang menyebut bahwa Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau merupakan anak dari mendiang diktator Kuba Fidel Castro.

Dugaan itu mencuat sejak 1 Februari 2018 tepat pada insiden bunuh diri anak sulung Fidel Castro, Fidelito Castro atau yang bernama lengkap Fidel Ángel Castro Díaz-Balart.

Beberapa situs media asing mengklaim bahwa Fidelito meninggalkan sebuah surat bunuh diri, yang di dalamnya terdapat excerpt yang menyatakan bahwa Justin Trudeau merupakan saudara tirinya.

Teori kontroversial serupa juga pernah mencuat dan menghangat di dunia maya pada tahun 2016, tepat ketika Fidel Castro tutup usia.

Kala itu sang PM Kanada memicu kegemparan karena mengutarakan pujian terhadap sang diktator Kuba.

Netizen kemudian berteori, komentar positif tentang Castro yang keluar dari mulut Justin Trudeau adalah hal wajar, mengingat keduanya memiliki hubungan ayah - anak. Benarkah demikian?

2 dari 2 halaman

Isapan Jempol

Kini, teori dan klaim itu telah dianggap tak benar, menurut laporan kantor berita Amerika Serikat Associated Press (AP).

Seperti dilansir Time (18/2/2018), AP menulis, "Cerita yang mengklaim bahwa Fidel Castro adalah ayah dari Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau adalah tidak benar."

"Pemerintah Kanada telah membantahnya, Kuba tak pernah mengklaimnya, dan orangtua Trudeau tak pernah mengunjungi Kuba beberapa tahun hingga ia lahir kemudian," lanjut AP.

Fidel Castro. (Sumber Wikimedia Commons)

Pekan ini, pemerintah Kanada secara resmi telah membantah teori tersebut, dengan menyatakan bahwa, "Justin Trudeau lahir pada 25 Desember 1971, anak dari mendiang Perdana Menteri Kanada Pierre Trudeau dan istrinya, Margaret (Trudeau)."

Pierre dan Margaret Trudeau juga baru berkunjung ke Kuba untuk bertemu Fidel Castro empat tahun lebih setelah Justin lahir -- sebuah lawatan kenegaraan yang pada masanya penuh dengan publisitas dan sorotan media asing.

Maka, menurut pakar kepada AP, sungguh tak mungkin jika Trudeau merupakan anak Castro.

Tak hanya itu, pakar juga menilai bahwa sungguh tak mungkin jika Margaret diam-diam pernah berkunjung ke Kuba jauh sebelum Justin Trudeau lahir -- mengingat bahwa Margaret dan Pierre Trudeau adalah pasutri yang sering disorot media pada masanya.

Di sisi lain, pemerintah Kuba pun sama sekali tak pernah membuat klaim yang menyebut bahwa Justin Trudeau merupakan anak dari Fidel Castro.

Sementara itu, terkait surat bunuh diri Fidelito Castro yang berisi klaim bahwa Justin Trudeau adalah saudara tirinya, juga hanya merupakan isapan jempol belaka.

Karena, baik media Kuba dan asing -- yang anehnya mendapatkan keluwesan untuk meliput kematian Fidelito -- tak menyebut eksistensi surat bunuh diri itu, apalagi, klaim relasi saudara tiri Fidelito - Justin.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini: