Sukses

Horor, Penutup Mesin Pesawat Copot Saat Terbang

Sekitar setengah jam sebelum sampai ke tempat tujuan, sebuah penutup mesin pesawat copot dan membuat penerbangan terasa menegangkan.

Liputan6.com, San Fransisco - Penumpang pesawat dari San Francisco ke Honolulu panik bukan main saat bagian penutup mesin jatuh di tengah penerbangan. Lalu, foto-foto yang menggambarkan situasi horor dalam penerbangan United Airlines 1175 pun muncul di media sosial.

Dalam gambar yang beredar, terlihat bagian dari penutup mesin turbin di bagian luar pesawat terjatuh saat Boeing 777 itu mengudara di atas Samudra Pasifik, sekitar setengah jam dari tempat tujuannya pada Selasa, 13 Februari 2018 waktu setempat.

Menurut laporan, pesawat tersebut melakukan panggilan darurat 7700 dan akhirnya mendarat dengan aman di Honolulu.

Sejauh ini tak ada laporan penumpang cedera. Kendati demikian, ketegangan terjadi di udara. Apalagi saat penumpang melihat ke luar jendela dan menyaksikan ada puing-puing jatuh dari salah satu mesin pesawat.

"Penerbangan paling menakutkan dalam hidupku," tulis salah satu penumpang di Twitter, seperti dikutip dari News.com.au, Rabu (14/2/2018).

Penumpang lainnya, Haley Ebert, mengatakan kepada New York Times bahwa dia mendengar bunyi seperti suara ledakan besar ketika bagian dari penutup mesin terlepas.

"Semua orang di sisi kami melihat ke jendela dan menyaksikannya," kata Ebert kepada New York Times.

"Penutup mesinnya terbang. Ada puing-puing terbang ke laut, mur dan baut tak lama kemudian. Baut menghantam sayapnya, dan itu yang membuat bunyi 'bam' yang sangat besar."

Penumpang lain mengatakan, pesawat tersebut bergetar hebat saat penutup mesin lepas.

"Pilot kami mengikuti semua protokol yang diperlukan untuk mengamankan pesawat. Kapal terbang lalu mendarat dan penumpang dijadwalkan kembali terbang," ujar pihak United Airlines dalam sebuah pernyataan.

Kini Administrasi Penerbangan Federal AS sedang menyelidiki insiden tersebut.

Berikut ini rekaman selengkapnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mesin Pesawat Bolong, Pesawat Putar Balik

Peristiwa horor saat penerbangan pernah terjadi sebelumnya. Kala itu, pesawat China Eastern Airlines terpaksa harus kembali ke Bandara Sydney, Australia, setelah mengalami kegagalan mesin.

Pesawat dengan nomor penerbangan MU736 itu berangkat dari Sydney menuju Shanghai. Namun, sekitar satu jam setelah lepas landas, pilot pesawat tersebut melaporkan ada masalah dengan mesin.

Dikutip dari BBC, pada 12 Juni 2017, para penumpang pun harus bermalam di Sydney karena insiden tersebut. Kepada media, mereka mengatakan bahwa tercium bau terbakar di dalam pesawat.

"Tiba-tiba kami mendengar suara aneh yang diikuti dengan bau seperti terbakar," ujar seorang penumpang kepada jaringan Seven News Australia.

"Saya benar-benar takut. Kami sangat ketakutan."

Pesawat dengan jenis Airbus A330 itu mendarat dengan aman dan tak ada laporan tentang luka-luka.

Berdasarkan gambar yang beredar di media sosial, terdapat lubang besar pada penutup mesin pesawat.

Dilaporkan ABC News yang mengutip juru bicara China Eastern Airlines, kru pesawat telah mengamati situasi abnormal pada mesin kiri pesawat dan memutuskan untuk segera kembali ke Bandara Sydney.

Otoritas keselamatan penerbangan kemudian melakukan penyelidikan terkait insiden tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.