Sukses

Buncis Tercemar Radiasi Ditemukan di Taiwan

Liputan6.com, Taipei: Pihak berwenang Taiwan menemukan efek radiasi dari sejumlah buncis yang diimpor dari Jepang. Jumlah radiasi tersebut dipastikan tidak membahayakan kesehatan manusia, demikian dikatakan pihak berwenang Taiwan di Taipei, Ahad (20/3).

Seperti dilansir Associated Press,  ini merupakan kasus pertama kontaminasi dalam bahan pahan yang diimpor dari Jepang. Dewan Energi Atom Taiwan mengatakan 11 becquerels yodium dan 1 becquerel cesium ditemukan dalam sebungkus buncis tersebut. Pihak berwenang mengatakan, jumlah itu tak perlu dikhawatirkan.

Sebelumnya, radiasi juga ditemukan dalam sejumlah bayam dan susu di Jepang. Tingkat radiasi bayam di lahan-lahan pertanian sekitar Fukushima telah mencapai angka seperlima dari satu CT scan. "Susu yang tercemar itu ditemukan 30 kilometer dari reaktor. Sedangkan bayam yang tercemar datang dari wilayah tetangga di Prefektur Ibaraki," kata Sekretaris Kabinet Yukio Edano.

Edano mengatakan, produk yang terkena radiasi tidak akan menimbulkan ekses apa pun. "Tapi jika dikonsumsi terus-menerus, akan membahayakan kesehatan," katanya. [Baca: Radiasi Terdeteksi di Bayam dan Susu] (YUS)


    Loading