Sukses

Drone Pemasok Obat Terbesar di Dunia Siap Beroperasi di Tanzania

Parasut bermuatan persediaan darah dan obat-obatan dari angkasa yang dibawa drone siap menyelamatkan nyawa di Tanzania.

Liputan6.com, Dodoma - Tanzania bersiap meluncurkan jaringan drone pemasok logistik terbesar di dunia pada bulan Januari mendatang. Armada tersebut beroperasi dengan menjatuhkan parasut bermuatan persediaan darah dan obat-obatan dari angkasa untuk menyelamatkan nyawa orang lain. 

Seperti dikutip dari VOA News, Rabu (6/9/2017), Zipline, perusahaan AS asal California akan melakukan 2.000 pengiriman per harinya ke lebih dari 1.000 fasilitas kesehatan di negara yang berada di timur Benua Afrika. Termasuk persediaan darah, vaksin, serta obat-obatan anti malaria dan AIDS, setelah sebelumnya menuai keberhasilan dalam sebuah proyek dengan skala yang lebih kecil di Rwanda.

"Ini adalah langkah yang tepat," ujar Lilian Mvule lewat telepon, sambil mengingat-ngingat saat ketika cucunya meninggal akibat malaria dua tahun yang lalu.

"Ia membutuhkan pasokan darah golongan O dalam waktu singkat, yang saat itu tidak tersedia," ujar wanita 51 tahun tersebut.

Malaria adalah pembunuh utama di Tanzania. Balita acap kali membutuhkan transfusi darah ketika mereka mulai mengalami tekanan darah rendah yang disebabkan oleh malaria. Saat pasokan habis, di mana hal ini seringkali terjadi untuk jenis golongan darah yang langka, banyak nyawa yang tidak dapat terselamatkan.

Luas Tanzania lebih besar ketimbang Nigeria dan empat kali lebih besar dari Inggris. Sehingga, sulit bagi pemerintah yang kekurangan dana tunai untuk memastikan klinik yang jumlahnya mencapai 5.000 lebih di negara itu, memiliki pasokan lengkap, khususnya di daerah pedesaan yang terpencil.

Drone dapat terbang dengan kecepatan 100 km/jam, jauh lebih cepat ketimbang menempuh jalan darat. Paket-paket berukuran kecil dijatuhkan dari angkasa dengan menggunakan parasut yang dapat diuraikan secara alami.

Pemerintah juga berharap dapat menyelamatkan nyawa ribuan wanita Tanzania yang berpotensi mengalami kematian akibat pendarahan yang terus-menerus setelah melahirkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkat Kematian Tertinggi

Menurut data pemerintah setempat, Tanzania memiliki tingkat kematian tertinggi di antara ibu yang baru melahirkan, dengan rasio kematian 556 orang untuk setiap 100.000 proses melahirkan.

"Ini adalah permasalahan yang dapat kita bantu pecahkan dengan pasokan lewat drone berdasarkan permintaan," ujar CEO Zipline, Keller Rinaudo, dalam sebuah pernyataan.

"Bangsa-bangsa Afrika menunjukkan kepada dunia cara melakukannya."

Berbagai perusahaan di Amerika Serikat (AS) dan tempat lainnya sangat ingin untuk menggunakan drone guna mengurangi waktu dan biaya pengiriman. Kendati demikian ada hambatan yang muncul, berkisar antara tabrakan dengan pesawat hingga masalah keamanan dan daya tahan baterai.

Inisiatif unit tersebut juga bisa meredakan ketegangan antara pasien yang merasa frustrasi dengan para pekerja kesehatan.

"Kami selalu menuduh para perawat mencuri obat-obatan. Kami tidak sadar bahwa obat-obatan itu sulit mencapai kawasan tersebut tepat waktu, karena kondisi infrastruktur jalan yang buruk,"  ujar Angela Kitebi, yang tinggal 40 kilometer sebelah timur Dodoma.

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.