Sukses

Indonesia Raya Buka Malam Final Duta Muda ASEAN

Duta Muda ASEAN Indonesia (PDMAI) bertujuan untuk mencari sosok pemuda dan pemudi yang memiliki wawasan mengenai ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - Lagu Indonesia Raya berkumandang di Balai Sarbini, Jakarta menandai dibukanya malam puncak pemilihan Duta Muda ASEAN-Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI.

Pemilihan Duta Muda ASEAN Indonesia (PDMAI) bertujuan untuk mencari sosok pemuda dan pemudi yang memiliki wawasan mengenai ASEAN dan perkembangan kawasan. Serta mampu mempromosikan dan mendekatkan ASEAN kepada masyarakat luas, khususnya generasi muda di tanah air.

Ada 50 puluh finalis yang akan tampil pada malam final, Selasa 29 Agustus 2017. Seluruh peserta yang telah terpilih berasal dari 30 provinsi di Indonesia.

Dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kemlu, Mayerfas, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, penyelenggaran Duta Muda ASEAN 2017 bertepatan dengan ulang tahun ASEAN yang ke-50.

"Acara ini akan menggambarkan potensi yang ada di dalam diri anak muda. Data menunjukkan, satu dari empat orang Indonesia adalah anak muda," ujar Mayerfas mewakili Menlu Retno.

"Untuk ASEAN sendiri, Indonesia menyumbangkan 35 persen anak muda. Maka dari itu negara kita sudah punya potensi yang besar dengan jumlah kaum muda," tambahnya.

Selain menjadi Duta ASEAN, Retno juga berharap para finalis akan menjadi agen perdamaian bagi Indonesia.

"Saat ini sudah banyak pertikaian dan perpecahan yang terjadi di masyarakat. Semua hal itu terjadi akibat radikalisasi yang sudah mempengaruhi orang banyak. Untuk itu dibutuhkan anak muda dengan kepribadian yang tangguh dan memiliki daya saing yang tinggi melalui ajang ini," tegas Retno.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Retno juga berpesan agar seluruh anak muda dapat menjadi contoh yang baik bagi lingkungan sekitar dan menjadi perekat bagi anak muda di kawasan Asia Tenggara.

Sebelum mengerucut menjadi 50 finalis dan tampil pas malam final, ada beberapa tahapan yang harus dilewati oleh para peserta.

Mulai dari seleksi data dan penulisan esai sebanyak 1000 kata dengan judul "Jika Aku Menjadi Sekretaris Jenderal ASEAN". Selain itu, sejak tanggal 24 hingga 28 Agustus 2017 seluruh finalis telah menjalani masa karantina untuk pembekalan yang diberikan oleh pakarnya.

Seperti materi pengembangan kerja sama ASEAN, publik speaking, kepemimpinan, kewirausahaan dan beauty class.

Adapun dewan juri yang akan bertindak dalam malam final yaitu aktor kenamaan Indonesia Reza Rahardian, News Presenter Najwa Shihab, Vice Chair Women Wulan Tilaar, CEO Bahaso Tyovan Widagdo dan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Jose Tavares.

Berikut ini rangkuman acara malam pemilihan Duta Muda ASEAN 2017:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.