Sukses

4 Fakta Menarik soal Raja Swedia Carl XVI Gustaf

Raja Swedia Carl XVI Gustaf tengah melawat ke Indonesia. Ternyata ada fakta menarik soal sang kepala negara.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia berkunjung ke Indonesia. Pasangan kepala negara Swedia tersebut diterima Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Senin 22 Mei 2017.

Lawatan Raja Carl XVI Gustaf ke Jakarta merupakan kunjungan bersejarah. Pasalnya, sejak hubungan bilateral kedua negara dibuka, baru pertama kali Kepala Negara Swedia datang ke Indonesia.

Secara keseluruhan ada beberapa hal yang menjadi pokok pembahasan Raja Swedia di Indonesia. Bidang-bidang tersebut adalah investasi, perdagangan, energi, dan riset teknologi.

Sebagai seorang pemimpin negara, Raja Carl XVI Gustaf ternyata punya latar belakang menarik.

Berikut 4 fakta terkait Raja Carl XVI Gustaf seperti Liputan6.com rangkum dari beberapa sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Ayahnya Wafat Saat Raja Masih Bayi

Raja Swedia Carl XVI Gustaf (Foto:AFP)

Raja Carl XVI Gustaf lahir pada 30 April 1946, Stockholm. Dia merupakan putra satu-satunya pasangan Pangeran Adolf dan Puteri Sibyalla of Saxe-Coburg and Gotha.

Peristiwa menyedihkan terjadi saat Raja Carl XVI Gustaf masih bayi. Sembilan bulan setelah ia lahir, ayahnya, Pangeran Gustaf Adolf tewas.

Sang ayah kehilangan nyawa akibat kecelakaan pesawat. Kematian sang Ayah membuat Carl XVI Gustaf berada di garis kedua dalam susunan orang yang berhak menjadi Raja Swedia.

3 dari 5 halaman

2. Punya Koleksi Mobil Mewah

Raja Swedia Carl XVI Gustaf (Foto:AFP)

Sama seperti anggota Kerajaan Swedia lainnya, Raja Carl XVI Gustaf punya ketertarikan besar di bidang otomotif. Terutama mobil-mobil mewah.

Tercatat beberapa mobil mewah ia miliki. Di antaranya, Porsche 911s. Mobil tersebut merupakan salah satu favorit sang Raja.

Tidak cuma Porsche 911s. Mobil super lain yang dimiliki Raja Carl XVI Gustaf adalah Volvo vintage PV444, Ferrari 465M GT dan sebuah mobil AC Cobra.

4 dari 5 halaman

3. Terlibat Kecelakaan Mobil

Raja Swedia Carl XVI Gusta (AFP Photo/Odd Andersen)

Pada 17 September 2014, kejadian nahas menimpa Raja Cark XVI Gustaf. Dirinya terlibat kecelakaan mobil.

"Raja sedang berkendara menuju bandara, kecelakaan terjadi pada pagi hari," sebut Juru Bicara Istana Kerajaan Annika Sonnerberg, seperti dikutip dari BBC.

Kendaraan yang ditumpangi oleh sang raja diketahui rusak parah. Namun, untungnya Carl Gustf XVI sama sekali tidak terkena cedera.

Perjalanannya ke bandara pun dilanjutkan dengan menggunakan mobil lain. Kendaraan yang ditumpangi raja saat kecelakaan adalah sebuah Mercedes Benz berwarna biru gelap.

5 dari 5 halaman

4. Bertemu Sang Istri di Olimpiade

Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia (twitter: Kemenristek Dikti)

Jodoh dari Raja Carl Gustf XVI bukan dari keluarga kerajaan. Ia menikah dengan perempuan bernama Silvia Renate Sommerlath.

Wanita tersebut berayahkan orang Jerman dan ibu seorang Brasil. Ia tumbuh besar di dua negara asal orang tuanya.

Mereka berdua bertemu di Olimpiade Munich Jerman 1972. Ketika itu, Silvia bekerja sebagai penerjemah.

Pernikahan kedua sejoli tersebut dilangsungkan pada 19 Juli 1976 di Stockholm Cathedral.

Sehari sebelum pernikahan grup vokal ABBA membawakan lagu baru berjudul Dancing Quenn, yang ia persembahkan khusus kepada sang ratu baru Swedia Silvia Sommerlath.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.