Sukses

Lebih dari 400 Ekor Paus Pilot Terdampar di Selandia Baru

Kasus terdamparnya paus di Selandia Baru kali ini tercatat sebagai yang ketiga terbesar di negara itu.

Liputan6.com, Wellington - Lebih dari 400 ikan paus terdampar di pantai Selandia Baru dan sekitar tiga per empat hewan mamalia itu mati. Peristiwa ini disebut sebagai salah satu insiden terdamparnya ikan paus terburuk yang pernah tercatat di negara itu.

Ratusan paus pilot itu ditemukan Jumat waktu setempat di kawasan terpencil, Farewell Spit, di ujung South Island. Area ini diduga telah membingungkan kawanan hewan itu dan sebelumnya kasus serupa juga terjadi di sini. Demikian seperti dilansir The New York Times, Jumat, (10/2/2017).

Para pekerja konservasi dan relawan mencoba membawa beberapa ekor paus yang masih hidup kembali ke laut.

"Relawan berusaha membawa paus yang masih hidup ke laut, namun beberapa dari mereka berenang ke arah yang salah dan menuju kembali ke teluk," ujar Juru bicara Departemen Konservasi, Andrew Lamason kepada Radio New Zealand seperti dikutip dari Sky News.

Ditambahkan Lamason, melihat banyaknya paus yang mati, tidak tertutup kemungkinan beberapa hewan selamat tidak berada dalam kondisi yang baik.

Saat ini para penyelamat berharap dapat membawa kembali kawanan paus itu kembali ke laut saat air pasang. Dan jika upaya ini gagal, maka bencana kedua akan kembali terjadi.

Kelompok penyelamat dari Project Jonah mengatakan, total terdapat 416 paus yang terdampar dan 75 persennya mati ketika ditemukan. Sementara itu Departemen Konservasi menyebut jumlah paus yang mati sekitar 250 hingga 300 ekor.

Selandia Baru masuk dalam jajaran negara yang memperoleh peringkat tertinggi atas kasus terdamparnya paus. Dan peristiwa terbaru ini merupakan ketiga terbesar yang pernah terjadi.

Kasus terdamparnya paus terbesar di Selandia Baru terjadi pada tahun 1918 di mana saat itu sekitar 1.000 paus pilot "mendarat" di Kepulauan Chatham. Sementara insiden kedua terjadi pada tahun 1985. Saat itu 450 ekor ikan paus terdampar di Auckland.

Ada sejumlah teori berbeda mengenai kasus terdamparnya kawanan paus ini. Mulai dari karena hewan itu mengejar mangsa terlalu jauh hingga ke dekat pantai sampai ada pula yang mengatakan mereka mencoba melindungi salah satu anggota kelompok yang sakit.

Farewell Spit digambarkan sebagai area "perangkap" paus. Wilayah ini memiliki garis pantai terjulur yang panjang dan pantai yang landai sehingga menyulitkan paus untuk menavigasi dengan sistem sonar sekali kawanan itu mendekat ke bibir pantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.