Sukses

Dinding Kaca Akan Gantikan Pagar Besi di Menara Eiffel

Dinding kaca setinggi 2,5 meter akan dipasang di sekeliling Menara Eiffel di Paris, Prancis.

Liputan6.com, Paris - Dinding kaca setinggi 2,5 meter akan dipasang di sekeliling Menara Eiffel di Paris, Prancis. Tujuannya, untuk melindungi ikon Kota Cinta itu dari serangan teror.

Kantor Wali Kota Paris mengatakan, dinding kaca akan menggantikan pagar besi yang dipasang saat penyelenggaraan turnamen sepak bola Euro 2016.

Seperti dikutip dari BBC, Jumat (10/2/2017), jika disetujui, proyek yang diperkirakan menghabiskan dana sebesar US$ 21 juta, akan dimulai tahun ini.

Paris dalam kondisi siap siaga pascateror pada November 2015 yang menewaskan 130 orang.

Juli 2016 lalu, 86 orang tewas saat truk dikemudikan cepat, menabrak kerumunan orang yang sedang merayakan Bastille di Kota Nice.

Sementara, Awal bulan ini, seorang pria bersejatakan kapak menyerang sejumlah tentara di Museum Louvre Paris.

Menara Eiffel, salah satu tengara paling terkenal Prancis, menarik 6 juta wisatawan tiap tahunnya.

Dinding kaca yang dibangun akan dirancang menghentikan individu atau kendaraan tang berniat melakukan serangan teror di sana, demikian diungkap wakil wali kota bidang pariwisata, Jean-Francois Martins.

"Ancaman teror masih tinggi di Prancis. Tempat-tempat rentan, mulai dai Eiffel Tower, harus menjadi objek pengamanan khusus," kata dia.

"Kami akan mengantikan pagar besi dari sisi utara ke selatan dengan panel kaca, yang memungkinkan pengunjung dan warga Paris menikmati pemandangan monumen itu."

Martins menambahkan, ada tiga tujuan yang ingin dicapai pihaknya: menyediakan pemandangan yang lebih baik, memudahkan akses, dan memperkuat perlindungan bagi pengunjung dan staf.

Proyek tersebut juga akan diikuti pengaturan kembali rute kunjungan ke Eiffel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Paris adalah ibukota negara Perancis, yang merupakan kota dengan populasi terbanyak di negaranya.
    Paris adalah ibukota negara Perancis, yang merupakan kota dengan populasi terbanyak di negaranya.

    Paris

  • Menara besi yang menjadi ikon kota Paris, hingga ikon negara Perancis. Menara ini dibangun di tepi Sungai Seine, Paris.
    Menara besi yang menjadi ikon kota Paris, hingga ikon negara Perancis. Menara ini dibangun di tepi Sungai Seine, Paris.

    Menara Eiffel

  • Prancis