Sukses

Awan Aneh Ini Sembunyikan Piring Terbang UFO?

Liputan6.com, Arizona - Para pemburu UFO yakin ada alien yang bersembunyi di antara penampakan awan aneh di langit Arizona, AS ini. Sebab bentuknya mirip dengan piring terbang. 

Adalah Anthony Sakowski yang merekam penampakan aneh di langit saat mengemudi di Arizona. Dia lantas memosting cuplikannya secara online dan mengatakan, kabut di sekitar awan bisa jadi menyembunyikan sebuah pesawat ruang angkasa alien.

"Awan aneh menyembunyikan UFO. Terlihat di videonya," tulis Sakowski seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (10/1/2019).

Beberapa orang menunjukkan bahwa penjelasan yang paling mungkin atas penampakan yang direkam Sakowski adalah awan lenticular. 

Awan lenticular adalah awan yang unik yang biasanya terbentuk di sekitar bukit-bukit dan gunung-gunung akibat hasil pergerakan udara.

Bentuknya cukup berbeda, kadang seperti piring terbang raksasa atau mirip tumpukan mirip pancake.

 

Meski demikian, editor UFO Sightings Daily, Scott Waring, yang sudah melihat rekaman itu tetap menegaskan bahwa penampakan demikian adalah bukti bahwa alien ada di antara kita.

"UFO ini terlihat saat matahari bersinar dan menyebabkan pantulan di atas awan. Hanya permukaan logam yang bisa membuat pantulan seperti itu. Seperti yang Anda lihat, area gelap awan sebenarnya adalah si UFO," tulis Waring.

"Bagian yang terang adalah awan tipis yang meneruskan cahaya matahari. Meski diselimuti awan, ini jelas merupakan UFO. Permukaan logam itu berbeda dari benda apa pun di langit atau di Bumi," imbuh Waring.

Namun, para ilmuwan mungkin tidak setuju. Awan memantulkan sinar matahari, membantu untuk mendinginkan permukaan Bumi. Dua bentuk awan yang terlihat dalam video itu tak mungkin disebabkan oleh benda logam -- yang justru menghasilkan panas.

Ini bukan pertama kalinya awan lenticular keliru disebut sebagai tempat persembunyian alien.

Tahun lalu MET Office menerbitkan foto awan berbentuk mirip UFO disertai penjelasan tentang fenomena awan lenticular, setelah melihat awan seperti itu di langit dekat rumahnya.

Berikut ini cuplikan video penampakan awan aneh di langit Arizona tersebut:

Loading