Sukses

Tulisan Hollywood Mendadak Jadi 'Hollyweed' pada Tahun Baru

Liputan6.com, Los Angeles - H-O-L-L-Y-W-O-O-D, deretan hurut yang masing-masing setinggi 13,7 meter itu terpampang di Mount Lee di kawasan Hollywood Hills Pegunungan Santa Monica, California. Sejak 1949--ketika diubah dari versi awalnya "Hollywoodland"--ia telah menjadi ikon kultural di Amerika Serikat.

Namun, penduduk Los Angeles yang terbangun di hari pertama 2017 menemukan hal aneh. Tulisan "Hollywood" mendadak berubah jadi "Hollyweed".

Anggota Kepolisian Los Angeles, Christopher Garcia, mengatakan itu adalah hasil dari perbuatan iseng.

Pelaku vandalisme, yang diduga seorang pria, menggunakan semacam terpal untuk mengubah huruf 'O' menjadi 'e'.

Ulah pelaku tertangkap kamera pengawas antara tengah malam hingga pukul 02.00 waktu setempat. Namun, polisi tak bisa melakukan pengejaran dengan segera. Hujan turun malam itu, sementara situasi di sekitar ikon tersebut gelap.

Tulisan Hollyweed bertahan hingga pukul 11.00 keesokan paginya. Aparat akhirnya menurunkan terpal yang digunakan pelaku.

Sementara, Estevan Montemayor, juru bicara anggota Dewan Kota Los Angeles David Ryu--wakil dari distrik yang meliputi Hollywood--berjanji ikon terkenal itu akan dipulihkan ke kondisi normal.

"Kami tak tahu siapa yang melakukannya. Namun penjaga taman akan menurunkan terpal yang mengubah tampilan hurufnya," kata Montemayor pada Minggu pagi, seperti dikutip dari CNN, Selasa (2/1/2016).

Sebenarnya, ada sensor yang dipasang di tulisan Hollywood tersebut, yang memicu sistem peringatan untuk polisi. Namun, karena letaknya di area tertentu dari huruf penyusun, mungkin untuk menghindarinya.

Sementara, ada akses jalan yang bisa dilalui publik menuju ikon tersebut, dengan cara berjalan kaki atau menggunakan mobil, yang terletak di belakang huruf raksasa yang berjejer.

"Kami yakin orang tersebut datang dari belakang ikon," kata Garcia.

Tulisan yang menjadi ikon Hollywood (Wikipedia)

Bukan kali ini saja ikon Hollywood jadi sasaran keisengan.

Betsy Isroelit dari Hollywood Sign Trust mengatakan, huruf ikon tersebut pernah berubah jadi "Hollyweed" pada 1976.

Orang iseng mengubah tanda beberapa kali selama bertahun-tahun.

Mengapa jadi "Hollyweed"? Kata "weed" adalah slang atau istilah gaul untuk ganja.

Keisengan pada 1976 diduga dilakukan sebagai penanda relaksasi dalam undang-undang marijuana di negara bagian California.

Seperti dikutip dari BBC, baru-baru ini, para pemilih di California menyetujui legalisasi ganja dalam sebuah pemungutan suara yang diadakan pada saat yang sama dengan pemilihan presiden, pada 8 November 2016.

Itu mungkin latar belakang tulisan Hollywood jadi Hollyweed.