Sukses

Kuba Tawarkan Lunasi Utang Rp 3,6 Triliun ke Ceko Pakai Rum

Jika tawaran itu diterima, maka Ceko akan memiliki stok rum Kuba selama lebih dari satu abad.

Liputan6.com, Havana - Pemerintah Kuba menawarkan cara tak biasa untuk membayar utang senilai jutaan dolar kepada Republik Ceko. Mereka hendak menggantikan pinjaman dengan rum terkenal produksi dalam negerinya. Demikian disampaikan pihak berwenang di Praha.

"Havana telah membuat tawaran itu selama negosiasi baru terkait masalah tersebut," ucap Kementerian Keuangan Republik Kuba, seperti dikutip dari BBC, Jumat (16/12/2016).

Kuba berutang dengan pemerintah Republik Ceko sebesar US$ 276 juta atau sekitar Rp 3,6 triliun. Dan jika tawaran itu diterima, maka Ceko akan memiliki stok rum Kuba selama lebih dari satu abad. Namun, pemerintah Praha mengatakan lebih suka dibayar dengan uang tunai.

Utang Havana telah ada sejak era Perang Dingin, yaitu ketika Kuba dan Cekoslovakia menjadi bagian dari blok komunis.

"Kuba sekarang tidak memiliki banyak uang, tetapi memiliki banyak rum. Maka tercetuslah usulan yang tidak biasa ini," kata wartawan BBC, Rob Cameron, di Praha.

Kementerian Keuangan Republik Kuba mengatakan pembayaran utang itu kemungkinan akan menggunakan rum atau obat-obatan farmasi.

"Tetapi obat Kuba kekurangan sertifikasi Uni Eropa, sehingga pembayaran dengan obat tradisional--populer di Republik Ceko--mungkin lebih mudah diatur," ujar koresponden tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini