Sukses

'Bola Api' Lintasi Langit Florida, Invasi Alien atau Meteor?

Kamera CCTV menangkap hujan meteor dari seluruh penjuru negara, saat memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan 40.000 mph (mil per jam).

Liputan6.com, Florida - Kebanyakan orang menginstal kamera keamanan di rumah, dengan harapan bisa menangkap gambar penyusup yang mencoba masuk ke kediaman mereka. Tapi ternyata, hasil rekamannya terkadang berisi tayangan yang menakjubkan.

Beberapa pemilik rumah di Florida mendapati pemandangan mengejutkan, berupa meteor yang berapi-api tengah berkobar di langit pada Senin 21 November 2016 malam sekitar pukul 23.00.

Kamera CCTV merekam meteor yang terlihat di seluruh penjuru negara itu, saat memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan 40.000 mph (mil per jam).

American Meteorological Society mengatakan, penampakan itu terekam di kamera lebih dari 150 orang warga. Membentang dari Key West ke Florida Panhandle.

Salah satu yang berhasil merekam penampakan meteor pada kameranya adalah Christopher Scurby dari Largo di Suncoast. Kamera dasbor yang melekat mobil patroli polisi di Venesia dan Polisi North Port juga menangkap momen menakjubkan tersebut.

Kilatan cahaya diyakini telah disebabkan oleh meteor dalam kecepatan tinggi yang masuk ke atmosfer Bumi. Air beku dan karbondioksida akan cepat berkembang dan kemudian menguap lalu menyala.

Namun, sepertinya meteor tersebut tak menyebabkan kerusakan saat mendarat meski kehadirannya terlihat hampir di seluruh negara bagian.

"Meteor itu terlihat 46 mil di atas Teluk Meksiko dan 8 mil dari Sarasota. Kemudian pindah sedikit ke utara di bagian barat ... sebelum hancur pada ketinggian 15 mil," kata Bill Cooke dari Marshall Space Flight Center kepada mysuncoast yang dikutip dari Daily Mail, Kamis (24/11/2016).

Laporan penampakan meteor di langit malam itu tak hanya ramai di Florida. Orang-orang di negara tetangga, Alabama juga melaporkan melihat meteor sementara satu lainnya yang juga melihat adalah warga di Atlanta, Georgia.

Bola api ini diklasifikasikan sebagai bolide bukan superbolide. Benda langit itu terlihat lebih terang dari meteor pada umumnya.

Menurut American Meteorological Society, bola api sedang melakukan perjalanan dari Tenggara ke Barat Laut dan berakhir di laut di sisi timur Anna Maria Island.

Kendati demikian, muncul spekulasi bahwa bola api itu adalah invasi alien. Bagaimana menurut Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.