Sukses

Di Masa Transisi AS, Michelle Obama Mendapat Perlakuan Rasis

Michelle Obama dihina di media sosial dengan nada rasis.

Liputan6.com, West Virginia - Direktur non-profit West Virginia dan seorang kepala county kini di bawah pengawasan pihak berwenang setelah mem-posting nada rasis kepada Michelle Obama. Akibatnya, dunia media sosial pun ramai, meminta mereka tak pantas menjabat lagi.

Direktur Clay County Developtment Corp, Pamela Ramsey Taylor mem-posting status kemenangan Donald Trump, dengan pesan, "Sungguh menyegarkan memiliki seorang ibu negara yang berkelas, cantik, dan anggun di Gedung Putih. Aku lelah melihat monyet memakai hak tinggi."

Kepala County Clay, Beverly Whaling, merespons: "Kamu sudah mewarnai hari saya, Pam."

Postingan itu pertama kali dilaporkan oleh TV WSAZ, dan dibagi ratusan ribu di medsos sebelum akhirnya dihapus. Demikian dikutip dari AP, Selasa (15/11/2016).

Adapun laman Facebook milik Taylor dan Whaling tidak dapat ditemukan lagi.

Permintaan telepon kepada Clay County Developtment Corp. tidak dijawab sementara Whaling tidak membalas pesan.

Petisi online pun beredar meminta agar mengganti Whaling dan Taylor. Clay Developtment adalah perusahaan non-profit yang menyediakan pelayanan bagi orang tua dan warga miskin di Clay County. Mereka dibiayai oleh negara dan dana federal serta lokal.

Clay County tak ada hubungannya dengan Kota Clay, yang berada 50 mil di timur Charleston.

Owens Brown, direktur Asosiasi Nasional Kulit Berwarna di West Virginia adalah salah satu yang menandatangai petisi itu.

"Saya merasa kecewa bahwa ada orang seperti rasis seperti itu," kata Brown.

"Sayangnya, ini adalah realitas yang dihadapi Amerika Serikat sekarang ini. Tidak ada tempat bagi orang setipe itu di negara ini," lanjutnya.

Menurut sensus AS, warga keturunan Afrika-Amerika adalah kelompok minoritas di West Virginia. Dengan angka empat persen dari 1,8 juta penduduk.

Lebih dari 77 persen penduduk Clay County mendukung Trump dalam pemilu 8 November lalu. Pada pilpres 2012, Presiden Barack Obama mendapat 31 persen di county itu, namun Mitt Romney memenangkan negara bagian dengan mudah.

Minggu lalu di Kentucly, anggota senat Partai Republik, Dan Johnson, mengalahkan inkamben Demokrat Linda Belcher dari Bullitt County. Facebook Johnson berisi makian kepada Obama dan Michelle dan menyebut mereka monyet.

Petinggi Republik Jeff Hoover meminta Johnson untuk keluar dari pencalonan. Namun, ia masih membolehkan Johnson untuk ikut caucus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.