Sukses

Momen Dramatis Saat 'Menara Manusia' Setinggi 15 Meter Runtuh

Ketegangan itu terjadi di depan ribuan orang yang berkumpul di Villafranca del Penedes di Catalonia.

Liputan6.com, Jakarta Atraksi membentuk menara manusia dalam sebuah festival Spanyol yang mencapai ketinggian 15 meter ini sangat menakjubkan. Tapi terjadi tragedi dalam aksi yang terjadi pada Minggu 28 Agustus 2016.

Ketegangan itu terjadi di depan ribuan orang yang berkumpul di Villafranca del Penedes di Catalonia, saat menonton beberapa tim bersaing membangun menara tertinggi yang dikenal sebagai 'castell'.

Dalam rekaman video menegangkan tersebut yang Liputan6.com kutip dari Daily Mail, Kamis (1/9/2016), terlihat satu awak agak terburu-buru turun setelah mencapai puncak. Di tengah keheningan, dalam hitungan detik susunan 'bangunan' manusia itu hancur.

Orang-orang yang tengah berpegangan agar membentuk menara pun terjatuh ke tanah. Suara panik pun terdengar dalam rekaman tersebut.

Berikut rekamannya:

Kompetisi membuat 'menara' manusia itu dilakukan dalam festival St Felix Day, tradisi dari Abad ke-18. Setiap tahun beberapa tim amatir bersaing di depan balkon balai kota, berlomba-lomba membangun puncak 'bangunan' tertinggi hingga sembilan tingkat.

Pada tahun 2010, Castells dinyatakan sebagai warisan dunia 'Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity' oleh UNESCO.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.