Sukses

Ini Ilusi Optik 'Misterius' dan Paling Membingungkan

Liputan6.com, Tokyo - Ilusi optik yang merupakan kreasi peraih juara 2 di Best Illusion of the Year Contest 2016, telah menyedot perhatian lebih dari 2 juta orang di situs berbagi video dalam beberapa hari terakhir.

Ilusi optik karya Kokichi Sugihara asal Meiji University Jepang tersebut memperlihatkan obyek berupa rangkaian kotak yang digerakkan di depan cermin. Ketika bergerak, pantulan kotak di tersebut berubah menjadi silinder, bagaimana bisa?

Tak mengherankan jika pantulan tersebut membuat orang-orang yang menyaksikannya kebingungan, demikian dikutip dari News.com.au, Senin (4/7/2016). Sejumlah penonton video ilusi optik itu pun mengemukakan berbagai spekulasi.

"Aksi tersebut dilakukan di green screen...Aku melihat efek murahan di reddit sebelumnya," ujar akun bernama xthorpyx yang menduga bahwa ilusi tersebut hanyalah rekaan.

Sedangkan penonton lainnya berpendapat bahwa ilusi tersebut dilakukan oleh dua orang berbeda. "Aku tak membeli omong kosong ini, jelas-jelas itu dilakukan oleh aktor bayaran," tulis akun bernama Shruk.

Tak hanya Shrunk, akun bernama paul romanchenko juga mengatakan hal serupa. "Tak ada cermin. Hanya terdapat pria lain. Gerak sedikit terganggu, bayangannya sama."

Sementara itu aku bernama Richard Neal menjelaskan, kunci ilusi optik itu terletak pada sudut perspektif.

"Obyek itu dirancang sedemikian rupa sehingga jika dilihat dari perpektif berbeda maka akan tampak berbeda. Para seniman menggunakan trik yang sama pada lukisan selama berabad-abad untuk membuat mata lukisan terlihat selalu mengikutimu."

Apakah Anda dapat memecahkan teka-teki ilusi optik tersebut? Berikut jawabannya: