Sukses

Top 3 Global: Rahasia di Balik Fakta Mengerikan Godfather ISIS

5 Fakta mengerikan pendiri ISIS paling menarik pembaca Liputan6 kanal Global.

Liputan6.com, Jakarta - ISIS hingga kini disebut-sebut organisasi teroris paling mengerikan. Jejaknya terekam dalam sejarah pendek dari seorang pria yang dahulu merupakan pemimpin geng di penjara, tak lulus SMA, dan pernah jadi muncikari.

Ia adalah Abu Musab al-Zarqawi.

Sosok Zarqawi disebut-sebut sebagai pria di balik cikal bakal ISIS. Kisahnya ternyata membuat pembaca kanal Global di Liputan6.com edisi Minggu (3/7/2016) pagi penasaran.

Dua berita lain yang hits adalah pernikahan mewah perancang busana Rusia dan rahasia di balik tatapan mata 'mumi' Mesir.

Berikut Top 3 Global selengkapnya:

1. 5 Fakta Mengerikan 'Godfather' Pendiri ISIS

5 Fakta Mengerikan 'Godfather' Pendiri ISIS (CNN)

Abu Musab al-Zarqawi adalah Hitler versi ISIS dan luar biasa brutal. Hal itu diungkapkan oleh Mike Flynn, pensiunan militer AS dan mantan direktur intel angkatan darat.

"Ia diktator dengan banyak rencana," kata Flynn.

"Rencananya adalah membunuh sebanyak mungkin manusia yang tak pernah melihat kehidupan seperti dirinya. Serta mengubah citra serta keadaan Timur Tengah, dan jujur -- wajah dunia Islam itu sendiri," ungkap Flynn.

Dalam 10 tahun sejak kematian Zarqawi yang brutal, ISIS mampu mengumpulkan dukungan dan persenjataan untuk menguasai wilayah-wilayah yang tersebar dari utara Suriah ke Irak Pusat.

Kelompok itu juga mengontrol area di negara lain dan mengklaim bertanggung jawab atas sejumlah serangan teror yang membunuh ratusan orang di Timur Tengah dan Eropa.

Selengkapnya...

2. Pernikahan Mewah Perancang Busana Rusia

Nama tersohor Violetta Nakhimova pun tidak mengecewakan para tamunya. Perancang label Admiral itu mengenakan rancangannya sendiri. (Sumber Daily Mail)

Ada suatu tempat di Moskow yang menjadi tempat pergaulan kaum jutawan Rusia dan cocok sekali untuk suatu pesta yang tak terlupakan. Seorang perancang busana bulu kondang Rusia pun melangsungkan pernikahan di sana.

Pada Maret lalu, restoran mewah Safisa menjadi tempat perhelatan penting bagi Said Gutserive (28), putra seorang miliarder Rusia, dengan seorang mahasiswi bernama Khadija Uzhakhovs (20). Di awal bulan ini, Sargis Karapetyan (23), juga putra seorang miliarder, melangsungkan pernikahan dengan Salome Kintsurashvili (25).

Selengkapnya...

3. Ada yang Tersembunyi di Balik Tatapan Mata 'Mumi' Mesir Ini...

Potret Fayum, wajah-wajah para mendiang dari era Mesir Kuno (Wikipedia/Public Domain)

Potret manusia dilukis di atas panel kayu penutup kepala mumi alias mayat yang diawetkan dari tahun 150 Masehi. Wajah mereka sangat 'modern', seperti orang Yunani dan Romawi, dan bukan Mesir kuno.

Kala itu, Mesir memang menjadi bagian kekaisaran Romawi.

Panel-panel tersebut -- yang dihibahkan untuk Museum Manchester oleh pengusaha kapas Jesse Haworth pada 1921 -- dinamakan sesuai dengan tempat penemuannya: Potret Fayum.

Tak hanya menjadi 'jendela' ke masa lalu sejarah Mesir. Ternyata, ada petunjuk lain yang tersembunyi di balik tatapan mata para mendiang.

Selengkapnya...    

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.